Minggu, 25 Oktober 20

Pendeta Homoseks Khawatirkan Paus

Pendeta Homoseks Khawatirkan Paus
* Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus mengatakan bahwa homoseksualitas dalam kependetaan adalah ‘masalah serius’ yang ‘mengkhawatirkan’ dirinya.

Ia mengatakan hal itu dalam sebuah wawancara dengan seorang imam misionaris Spanyol sebagai bagian dari sebuah buku yang akan terbit, tentang panggilan jiwa keagamaan.

Paus menyebut homoseksualitas adalah sesuatu yang ‘modis’ (fashionable) dan menyerukan para padri untuk setia pada sumpah selibat mereka. Harian Italia Corriere della Sera memuat cuplikan wawancara itu di situs webnya pada Sabtu (1/12) lalu.

Paus Francis mengatakan bahwa Gereja harus ‘ketat’ dalam memilih calon imam. “Masalah homoseksualitas adalah masalah yang sangat serius,” kata Paus. Menurutnya mereka yang bertanggung jawab dalam melatih imam harus memastikan bahwa para calon pendeta itu ‘dewasa dan matang secara emosional’ sebelum mereka ditahbiskan.

“Untuk alasan ini, Gereja mendesak agar orang-orang dengan kecenderungan yang sudah berakar ini tidak diterima dalam layanan keagamaan atau hidup yang dikuduskan.”

Hal ini juga berlaku untuk perempuan yang ingin menjadi biarawati. Pernyataan Paus Fransiskus ini menegaskan pernyataan Vatikan masa lalu tentang pemilihan calon untuk layanan keagamaan dan kehidupan gereja.

“Di masyarakat kita, tampaknya homoseksualitas bahkan merupakan sesuatu yang modis (fashionable). Dan mentalitas ini, dengan satu dan lain cara, juga memengaruhi kehidupan Gereja,” lanjutnya.

Pimpinan Gereja Katolik sedunia itu menekankan bahwa “tidak ada tempat untuk hal ini” dalam kehidupan para imam dan biarawati. (BBC)

Sumber: bbc.com

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.