Senin, 19 April 21

Pendaratan Darurat Gagal, Pesawat Rusia Terbakar

Pendaratan Darurat Gagal, Pesawat Rusia Terbakar
* Pesawat SSJ-100 milik Aeroflot Airlines terbakar dalam pendaratan darurat di Bandara Sheremetyevo, Moskow, Minggu 5 Mei 2019. (The Magazine)

Sebuah pesawat milik maskapai Rusia terbakar saat melakukan pendaratan darurat dan menewaskan 41 orang.

Pesawat SSJ-100 milik maskapai Aeroflot Airlines terbakar dalam pendaratan darurat di Bandara Sheremetyevo, Moskow, Minggu (5/5/2019).

Seorang pramugari juga tewas dalam musibah ini saat dia sedang membantu penumpang keluar dari Sukhoi Superjet di Bandara Sheremetyevo. Para penumpang yang ketakutan, lari meninggalkan pesawat Aeroflot yang terbakar.

Awal mula api dari pesawat berpenumpang 78 orang itu dilaporkan berasal dari ban roda belakang. Pesawat Aeroflot tersebut melakukan pendaratan darurat saat api muncul ketika lepas landas dari Moskow menuju Murmansk.

Ada indikasi kerusakan listrik menyebabkan api ketika pesawat berada di udara.

Menurut Interfax, ketika para kru memberikan sinyal bahaya pesawat Superjet-100 itu lepas landas dari bandara Sheremetyevo. Dalam upaya pertama pendaratan darurat, pesawat itu gagal.

“Yang kedua kali, pesawat mendarat menghantam tanah, lalu hidung pesawat, dan api muncul,” kata sumber Interfax.

Disambar Petir
Para penumpang dan awak pesawat Aeroflot yang terpaksa melakukan pendaratan darurat di Moskow menceritakan bahwa pesawat disambar petir beberapa saat sebelum jatuh pada Minggu malam (5/5).

Seorang penumpang yang selamat, Pyotr Yegorov, dikutip mengatakan pesawat “baru saja lepas landas dan pesawat disambar petir”.

Tim penyelidik sejauh ini belum memberikan keterangan terkait laporan bahwa pesawat disambar petir.

Pesawat modern dibuat sedemikian rupa sehingga tahan terhadap sengatan petir, dan sebelumnya pihak Aeroflot mengatakan pesawat itu terpaksa kembali ke bandara “karena alasan-alasan teknis”, tapi tidak memberikan rincian.

Namun para penumpang mengatakan pesawat disambar petir setelah lepas landas. Beberapa kru juga mengatakan bahwa petir tampaknya menyebabkan komunikasi dengan pengawas lalu lintas udara.

Empat puluh satu dari 73 penumpang dan lima kru meninggal dunia ketika pesawat jenis Sukhoi Superjet-100 milik maskapai Aeroflot mengalami kebakaran tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sheremetyevo di Moskow.

“Terdapat 37 orang yang selamat – 33 penumpang dan empat kru,” kata Yelena Markovskaya, seorang pejabat yang terlibat dalam penyelidikan.

Sejumlah rekaman video yang beredar di media sosial memperlihatkan para penumpang turun menggunakan peluncur darurat di bagian depan pesawat seraya menghindari kobaran api.

Seorang saksi mata mengungkap bahwa “mukjizat” ada penyintas dari pesawat yang melakukan pendaratan darurat. (ParsToday/BBC/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.