Minggu, 5 Februari 23

Pendaftar Panwascam Membludak, Bawaslu Jateng Bentuk Tim Supervisi

Pendaftar Panwascam Membludak, Bawaslu Jateng Bentuk Tim Supervisi
* Bawaslu menegaskan pembentukan tim Supervisi sebagai langkah preventif terkait seleksi Panwascam. (Yusuf IH)

Semarang, Obsessionnews – Sebagai langkah preventif atas membludaknya calon pendaftar Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng membentuk Tim Supervisi yang akan dikirim ke daerah. Hal ini diutarakan Juhana, salah satu pimpinan Bawaslu Jateng dalam rapat pembentukan Tim Supervisi yang dipimpin langsung Ketua Bawaslu Jateng Abhan Ishan beserta seluruh pimpinan, Rabu (27/5/2015).

Tim Supervisi, rencananya akan dikirim ke Kabupaten/Kota secara serentak serentak pada 29 Mei 2015 mendatang. Juhana menegaskan, Bawaslu Jateng akan melakukan supervisi terkait pendaftaran calon Panwascam.

“Tim Bawaslu Jateng akan melakukan supervisi dari proses pembuatan soal, packing, distribusi, pelaksanaan tes, koreksi dan yang terakhir pengumuman kepada masyarakat”, terang Juhana yang juga Pimpinan Bawaslu Jateng termuda ini.

Sebagaimana data Bawaslu, terdapat puluhan pendaftar yang tidak bisa mengikuti tes tertulis karena usia belum mencapai 25 tahun. “Mereka yang tidak lolos seleksi administrasi rata-rata karena usia yang masih kurang dan tidak terpenuhinya syarat administrasi,” tambah Teguh Purnomo, yang juga pimpinan Bawaslu Jateng.

Peminat Panwascam, lanjut Teguh, tergolong cukup tinggi meskipun Panwascam termasuk penyelenggara Pilkada bersifat ad hoc. Ini bisa dilihat dari kuota 1.020 kursi, pendaftar yang memperebutkan mencapai 3.271 orang.

Sehingga pihak Bawaslu menjamin netralitas lembaga serta perhatian lebih guna mendorong terlaksananya seleksi Panwascam.

Sementara itu, bagi calon incumbent tetap memiliki hak dan kewajiban yang sama. Teguh juga berharap supaya publik juga terlibat dalam memberikan masukan track record calon Panwascam maupun PPL dan Pengawas TPS.

“Silahkan berikan masukan terkait dengan racord para pendaftar, kepada kami di Bawaslu Jateng dan Panwaslu Kabupaten/kota, pasti akan kita tindaklanjuti sepanjang datanya jelas,” tandasnya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.