Selasa, 21 September 21

Penalti Tevez Loloskan Argentina ke Semi Final

Penalti Tevez Loloskan Argentina ke Semi Final
* Kiper Kolombia, David Ospina, gagal membendung bola tendangan Carlos Tevez dalam adu penalti. (bbc.co.uk)

Chile – Argentina lolos ke semi-final Copa America 2015 setelah menang atas Kolombia lewat adu penalti, Sabtu (27/6). Laga berjalan imbang tanpa gol hingga 90 menit waktu normal dan kedua kubu terpaksa melakoni adu penalti. Adapun Carlos Tevez jadi penentu kemenangan Albiceleste lewat eksekusi penaltinya.

Carlos Tevez mengantarkan Argentina melangkah ke babak semifinal ajang Copa America setelah mantan pemain Juventus itu menciptakan gol penentu dalam adu penalti melawan Kolombia.

Adu penalti diperlukan lantaran kedua tim bermain sama kuat selama kurun 2×45 menit. Di samping itu, penjaga gawang Kolombia, David Ospina, tampil prima dengan menggagalkan peluang Sergio Aguero, Lionel Messi and Nicolas Otamendi.

Namun, kecemerlangan Ospina berakhir saat adu penalti berlangsung. Dari lima penendang Argentina, dia gagal membendung satu bola pun. Di lain pihak, Argentina diuntungkan lantaran sepakan pemain Kolombia, Jeison Murillo, tidak menemui sasaran.

Berkat kemenangan ini, Argentina melaju ke semifinal pada Selasa (30/6) untuk meladeni pemenang laga perempat final antara Brasil dan Paraguay.

 

Babak I

Argentina menciptakan peluang pertama dalam laga ini. Aksi Angel Di Maria berhasi menembus sektor kanan pertahanan Kolombia, lalu sang winger melepas umpan silang ke kotak penalti. Javier Pastore ada di sana untuk menyambut bola, namun sepakannya mampu diamankan oleh David Ospina.

Selanjutnya, laga berjalan dengan sangat keras. Tercipta beberapa tekel keras yang utamanya terarah pada Lionel Messi. Adapun kepemimpinan wasit membuat kedua kesebelasan tidak puas, seiring Sergio Aguero dan James Rodriguez mendapat kartu kuning karena memprotes wasit.

Di menit 26, Argentina nyaris memecah kebuntuan. Umpan manis Pastore berhasil mengarah ke kotak penalti dan Aguero sukses menyambutnya. Namun Ospina melakukan penyelamatan gemilang dari sepakan tersebut. Sang penjaga gawang Arsenal pun kembali unjuk gigi ketika membelokkan tandukan Messi tepat setelah sepakan Aguero.

Dominasi Argentina, baik dilihat dari penguasaan bola maupun peluang, terus berlanjut. Kombinasi Messi dan Lucas Biglia sukses menguasai lini tengah dan nama kedua nyaris membuka keunggulan di menit 40. Sayang, sepakan sang gelandang Lazio mengarah ke samping gawang Ospina.

Paruh pertama berakhir imbang tanpa gol, seiring enam kartu kuning tercipta, menggambarkan betapa kerasnya laga di paruh pertama.

Babak II

Memasuki paruh kedua, Messi kembali jadi aktor kunci dalam konstruksi serangan Argentina. Sang penyerang Barcelona memberikan umpan akurat ke jalur lari Di Maria, tapi Ospina cepat tanggap dan membuang bola sebelum Di Maria menjangkaunya.

Adapun di tengah dominasi Albiceleste , Kolombia sempat mencuri peluang. Serangan cepat yang dipimpin Juan Cuadrado berhasil ditutup dengan umpan silang ke kotak penalti. James gagal menjangkau bola, tapi Ibarbo sempat melepas tembakan yang akhirnya diblok oleh Zabaleta.

Jelang menit 75, terjadi pergantian di kedua kubu. Radamel Falcao masuk menggantikan Martinez, sementara Carlos Tevez menggantikan Aguero. Ever Banega pun ikut turut ke lapangan, menggantikan Pastore.

Tak disangka, Banega yang baru masuk langsung memberikan dampak besar. Sang gelandang Sevilla nyaris membobol gawang Ospina lewat tendangan jarak jauh. Sayang, sepakannya hanya mencium mistar gawang.

Dua menit berselang, Otamendi kembali mengancam seiring menyambut sepak pojok Di Maria. Tapi Ospina tampil gemilang dan berhasil membelokkan sepakan sang bek Valencia, bola membentur mistar luar gawang dan langsung disapu oleh Kolombia.

Jelang bubaran, Kolombia kembali diancam dan bola sapuan Zapata nyaris bergulir masuk ke gawang Ospina. Adapun Murillo berlari lebih cepat dari Ezequiel Lavezzi dan berhasil membuang bola tepat pada waktunya. Laga masih imbang tanpa gol hingga waktu normal 90 menit dan memasuki adu penalti.

Adu Penalti

James Rodriguez, Lionel Messi, Radamel Falcao, Ezequiel Garay, Juan Cuadrado, dan Ever Banega berhasil menunaikan tugasnya untuk mengeksekusi penalti dengan baik.

Adapun eksekusi Luis Muriel malang melambung tinggi di atas mistar gawang.

Selanjutnya, sepakan Ezequiel Lavezzi dan Cardona berhasil mengguncang jaring gawang.

Lucas Biglia, Juan Zuniga, Marcos Rojo, dan Jefferson Murillo sebagai penendang selanjutnya gagal mengeksekusi penalti dengan baik.

Sebagai penutup, Carlos Tevez menjadi eksekutor Argentina dan sang penyerang berhasil membawa Argentina lolos ke semi-final setelah menaklukkan Ospina.

Argentina akan bertemu dengan Brasil atau Paraguay di babak semi-final.

Susunan Pemain

Argentina : Romero, Zabaleta, Garay, Otamendo, Rojo, Biglia, Mascherano, Pastore, Messi, Aguero, Di Maria

Kolombia : Ospina, Zuniga, Zapata, Murillo, Arias, Mejia, Ibarbo, Cuadrado, James, Martinez, Gutierrez. (goal.com/bbc.co.uk)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.