Rabu, 8 Desember 21

Pemudik Waspadai Titik Kemacetan di Sumbar

Pemudik Waspadai Titik Kemacetan di Sumbar

Padang, Obsessionnews.com – Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memetakan rawan kemacetan di wilayah Sumbar. Kemacetan terjadi karena pasar tumpah dan ketidaktersediaan parkir dilokasi pasar.

Kepala Dishubkominfo Sumbar Amran mengatakan, lokasi rawan kemacetan terdapat 13 titik. Rawan kemacetan terdapat di jalur lintas arah selatan dan utara.

“Di dua jalur lintas itu terdapat 13 titik rawan kemacetan terutama saat memasuki mudik lebaran,” katanya saat ditemui obsessionnews.com, Selasa (21/6).

Sebagai antisipasi terutama dititik rawan kemcetan akibat pasar tumpah, dengan mengalihkan kendaraan ke jalan alternatif yang telah disediakan. Kemudian menyediakan lahan parkir sehingga kendaraan tidak lagi diparkir dibagain badan jalan. Pasar tumpah Koto Baru misalnya telah disiapkan lokasi parkir seluas 40 meterpersegi sekitar 100 meter dari lokasi pasar.

“Dari hasil pertemuan yang dilaksanakan hari Senin, hari ini saya bersama Dinas PU, kepolisian pemerintah kabupaten Tanah Datar meninjau lokasi,” katanya.

Selain upaya dimaksud, pemerintah pengamanan di jalan raya memasuki mudik lebaran hingga arus balik tetap dilakukan. Diharapkan personil kepolisian yang berada di lapangan lebih dimaksimalkan sehingga kemacetan bisa terurai.

“Jika tahun lalu setiap 2 kilometer personil kepolisian ditempatkan, diharapkan selama musim lebaran ini personil kepolisian ditempatkan di setiap 1 kilometer,” sebutnya.

Amran meminta kepada pemudik yang berlebaran di kampung halaman untuk tetap waspada dan berhati-hari selama dalam perjalan. Pemudia juga dihawapkan untuk mewaspadai titik-titik rawan longsor terutama pada saat hujan turun. (Musthafa Ritong/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.