Jumat, 26 April 24

Pemudik Sepada Motor Kurang Minati Cek Poin

Pemudik Sepada Motor Kurang Minati Cek Poin

Ciasem, Obsessionnews – Polri membantu arus mudik 2015, dengan membuka pelayanan cek poin yang difungsikan sebagai tempat peristirahatan bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Meski tempat ini disiapkan dengan dilengkapi sejumlah fasilitas, namun tidak semua pemudik yang mau memanfaatkan sarana ini.

Padahal aspek keselamatan yang diabaikan terkadang membawa petaka bagi pemudik. Polres Subang, Jawa Barat pun mengeluarkan imbauan dengan mengajak kerjasama pemudik untuk mengambil tempat cek poin sebagai salah satu alternatif tempat istirahat.

“Cek poin ini tujuannya orang yang kecapean dari Jakarta, istirahat di sini ada yang membawa bayi. Paling lama setengah jam di sini baru mereka bisa berangkat lagi,” ujar Perwira Pengendali Polwan, Polres Subang Ipda Titi Suprapti saat ditemui di lokasi, Minggu (12/7/2015).

Pemudik tak akan rugi, apabila sudah masuk area cek poin, sebab berbagai fasilitas gratis pun disediakan. Ada ruangan khusus istirahat bagi orang tua dan bayi, ruang konseling, ruang cek kesehatan, tempat parkir luas serta layanan bengkel service kendaraan. Ada pula masjid dan mushola dilengkapi toilet.

cek poin2

“Karena di sini titik kecapean, mungkin anaknya sudah pada tidur di motor, orang tuanya juga sudah lelah, jadi memang ya mereka mampir di sini. Tidak ada pemaksaan,” katanya.

Polri membuka tiga lokasi cek poin di sepanjang jalur Pantai Utara Jawa (Pantura). Cek poin 1 terletak di wilayah Bekasi, Kedua di Ciasem serta ketiga di Cirebon. Titi menjelaskan cek poin untuk arus mudik akan berlaku hingga hari-H lebaran. Sedangkan arus balik, lokasi cek poin akan berpidah tempat.

“Jadi diarahkan oleh anggota kalau memang capeh silahkan istirahat, biar kalau sudah fresh baru berangkat lagi,” tegas Titi.

Untuk titik lokasi Ciasem, Polres Subang menyiagakan 3 tim polwan terdiri dari 21 anggota, ditambah 20 personil lantas, 9 orang dari unsur dalmas dan tiga orang perwira. Mereka berjaga sejak pagi hari hingga menjelang tengah malam. Anggota yang bertugas dilengkapi dengan pakaian dinas lengkap, plus rompi, flashlight dan traffic cone. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.