Selasa, 24 Mei 22

Breaking News
  • No items

Pemprov Sumbar Bakal Lakukan Mutasi Besar-besaran

Pemprov Sumbar Bakal Lakukan Mutasi Besar-besaran
* Pj Gubernur Sumbar, Reydonnizar Moenek dan Sekdaprov Sumbar Ali Asmar (pakai baju warna kuning)

Padang, Obsessionnews – Mutasi di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) bakal dilaksanakan. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar tengah melakukan pendataan pejabat yang sudah berdinas di atas tiga tahun.

Kepala BKD Sumbar Jayadisman mengatakan, BKD tengah melakukan pendataan ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Sumbar. Pendataan ini telah dilakukan semenjak satu pekan yang lalu.

“Kita memang telah meminta ke SKPD yang besangkutan data pejabat yang telah menjabat di atas tiga tahun. Namun, datanya belum bisa kita berikan karena masih dalam pendataan,” kata Jayadisman saat dihubungi Selasa (15/12).

Jayadisman mengatakan, pendataan akan dilakukan hingga beberapa minggu ke depan. Sehingga belum bisa diberikan berapa banyak pejabat di lingkungan Pemprov Sumbar yang akan terkena penyegaran.

“Kalau jumlah belum bisa kita berikan, karena masih mendata,” kata Jayadisman.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Ali Asmar membenarkan rencana penyegaran unutk pejabat yang masa dinasnya tiga tahun ke atas untuk dilakukan penyegaran.

“Memang ada ide bagi pejabat yang masa dinasnya tiga tahun keatas untuk dilakukan mutasi. Tapi itu belum final,” kata Ali Asmar ketika menerima belasan siswa dari Provinsi Bali yang mengikuti program siswa mengenal Nusantara di Wisma indarung PT Semen Padang Jum’at(14/12) malam.

Mutasi lebih dikhusukan bagi pejabat eselon II dan III yang lebih dari tiga tahun menduduki jabatan. Mutasi segera digulirkan sebagai bentuk penyegaran serta membuka peluang regenerasi.

Ali Asmar mengatakan, mutasi yang akan dilakukan dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumbar masih dalam proses dan dikaji serta belum rampung.

Proses pendataan pejabat eselon II dan III yang telah menduduki jabatan lebih dari tiga tahun di satu tempat, tengah berlang. Setelah proses pendataan selesai, langsung disampaikan kepada Penjabat atau Pj Gubernur Sumbar.

Ali asmar mengatakan, setelah pendataan rampung, terlebih dahulu dikoordinasikan dengan PJ, sekaligus minta masukan dari kepala SKPD.

Sementara itu, rencana perombakan pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemprov Sumatera Barat yang telah menjabat selama tiga tahun lebih, bertolak belakang dengan komitmen calon Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang saat ini unggul dalam perolehan suara.

Sebelumnya calon gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, begitu dinyatakan menang oleh KPU dan dilantik sebagai gubernur terpilih, ia tidak akan melakukan mutasi besar-besaran pejabat dilingkungan Pemprov Sumatera Barat.

Komitmen itu telah dilakukannya begitu dilantik tahun 2010 menjadi Gubernur Sumbar. Semua pejabat yang telah ditunjuk sebelumnya, tidak pernah digantinya.

Irwan Prayitno menjelaskan, kalaupun terpaksa memutasi pejabat, harus didasari dengan alasan yang kuat, seperti pemetaan kinerja dan kompetensi juga ada pejabat yang bermasalah baik secara kinerja maupun ada temuan inspektorat. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.