Sabtu, 18 September 21

Pemprov Jatim Siapkan Benih Tembakau

Pemprov Jatim Siapkan Benih Tembakau
* Gubernur Jatim, Soekarwo menerima Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) di Gedung Negara Grahadi, Surabaya Selasa (7/7/2015). (obsessionnews.com/Ari Armadianto)

Surabaya, Obsessionnews – Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, Pemprov Jatim akan menyiapkan benih untuk membela petani tembakau.

“Prinsip dasarnya, pemerintah harus mengintervensi petani tembakau untuk dapat berdaya saing. Posisi Jatim yakni membantu petani tembakau melalui penyediaan benih tembakau,” ungkapnya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya Selasa (7/7/2015).

Soekarwo mengatakan, secara substansi yang sangat serius adalah memperjuangkan nasib para petani tembakau. Permasalahan yang sering dihadapi oleh petani tembakau yakni ketersediaan benih tembakau.
Selain benih dan bibit tembakau, ketersediaan pupuk, pemberantasan

“Bank Thitil” atau lintah darat, tata niaga yang panjang hingga kompetisi harga tembakau dari luar negeri harus difasilitasi dan di hitung secara detail oleh APTI bersama pemerintah,” ujarnya.

Ia menambahkan, Pemprov Jatim akan melibatkan Bank Tani kepada petani tembakau yang kesulitan di dalam penyediaan modal.

“Bank Tani akan dilibatkan agar memberi kemudahan bagi petani melalui bunga ringan”. (GA Semeru)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.