Minggu, 29 Mei 22

Pemkot Tangsel Beri Bantuan ke Korban Erupsi Gunung Semeru

Pemkot Tangsel Beri Bantuan ke Korban Erupsi Gunung Semeru
* Pemkot Tangsel saat memberikan bantuan terhadap bencana erupsi Gunung Semeru. (Foto: Humas Pemkot Tangsel)

Lumajang, obsessionnews.comBantuan untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur masih terus mengalir. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pmkot) Tangerang Selatan (Tangsel) baru-baru ini.

Pemkot Tangsel memberikan bantuan terhadap bencana erupsi Gunung Semeru sebesar Rp640.865.231. Bantuan ini dikumpulkan dari seluruh ASN di Kota Tangsel tanpa paksaan sedikitpun.

Wakil Walikota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan menjelaskan, bantuan ini merupakan bentuk dukungan pihaknya terhadap bencana yang dialami oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang. Dia berharap dengan bantuan ini seluruh warga Lumajang bisa bangkit.

“Awalnya bantuan ini akan diserahkan kepada Kabupaten Lumajang sejak awal Januari. Namun dikarenakan banyaknya ASN yang terus berpartisipasi menyerahkan bantuan, akhirnya tertunda dan diputuskan dibatasi hingga beberapa waktu lalu,” ujar Pilar dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/1/2022).

Baca juga: Tinjau Lokasi Erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jokowi Pastikan Penanganan Bencana Berjalan Baik

Bantuan ini juga merupakan bentuk hubungan baik terhadap Kota Tangsel dan Kabupaten Lumajang. Sehingga ke depannya diharapkan hubungan ini akan tetap terjalin, kemudian warga Lumajang bisa segera memperbaiki keadaannya seperti semula.

Tidak hanya memberikan bantuan, Pilar juga ikut memperkenalkan tim yang ikut dalam kunjungan saat itu. Mulai dari Sekretaris Dinas Sosial Heli Slamet, Kabag Pemerintahan Setda Tangsel Andi Patabai, Kabag Umum Setda Tangsel Ayep Jajat Sudrajat dan staf lainnya.

Sementara Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menjelaskan, akibat dari erupsi yang terjadi di Gunung Semeru ini ada 330 rumah hilang ditimbun abu. Dan saat ini warganya masih dalam pengungsian di posko yang disiapkan oleh pemerintah.

Sementara ada ratusan orang yang kehilangan pekerjaan karena tempat bekerjanya juga ikut tertimbun. Hal ini dirasakan oleh para pekerja tambang yang mayoritas bekerja di kaki Gunung Semeru.

Baca juga: Jokowi akan Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi Gunung Semeru di Lumajang

Erupsi Gunung Semeru sendiri terjadi pada tanggal 4 Desember 2021 dengan luncuran abu sepanjang 4 kilo meter. Dan dipastikan bahwa pada tanggal 16 Desember, erupsi susulan juga terjadi.

“Justru disusulan erupsi ini lebih besar dibandingkan sebelumnya,” ujar Indah.

Dia menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam erupsi susulan ini dikarenakan seluruh warga sudah mengungsi dan mengevakuasi diri.

Karena itu dari apa yang terjadi dan dialami oleh Lumajang terutama warga yang terdampak dari erupsi Gunung Semeru ini, Indah mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Pemkot Tangsel. Dan dia memastikan akan memanfaatkannya dengan baik. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.