Rabu, 20 Oktober 21

Pemkot Padang Sertifikasi Rumah Makan Layak Dikunjungi

Pemkot Padang Sertifikasi Rumah Makan Layak Dikunjungi
* Walikota Padang Emzalmi (berkopiah).

Padang, Obsessionnews – Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumbar, memberikan sertifikasi layak restoran dan rumah makan di Kota Padang untuk dikunjungi sebagai upaya untuk memberikan jaminan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung.

Wakil Walikota Padang, Emzalmi, mengatakan, sertifikasi yang diberikan pemerintah setelah memenuhi kritria, antara lain, memiliki izin yaitu tanda daftar usaha pariwisata, izin gangguan dan izin mendirikan bangunan (IMB).

Kemudian membayar pajak, daftar menu dan harga makanan dan minuman sudah tersedia. Disampiang itu, memiliki peralatan dan perlengkapan serta lingkungan yang bersih. Memiliki kelengkapan fasilitas pendukung seperti tempat ibadah, toilet, tempat sampah dan parkir.

“Rumah makan itu direkoemdasikan setelah memenuhi kriteria berdasarkan penilain dinas/instansi terkait,” kata Emzalmi pada acara launching restoran dan rumah makan yang direkomendasi di Kota Padang, Kamis (10/3/2016).

Emzalmi mengtakan, kebijakan Pemerintah Kota Padang memberika sertifikasi layak untuk dikunjungi setelah mendapat rekomendasi dari dinas instansi terkait, seperti Dinas Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pemkot Padang - RM layak
Walikota Padang Emzalmi (kedua dari kanan) pada acara launching restoran dan rumah makan yang direkomendasi di Kota Padang, Kamis (10/3/2016).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi, mengatakan, rumah makan dan restoran di Kota Padang yang mendapat rekomendasi sebanyak 24 restoran dan rumah makan.

“Dari 24 restoran dan rumah makan yang telah direkomendasikan, ditetapkan dari 126 restoran dan rumah maka yang disurvei sejak awal Januari hingga minggu pertama Maret 2016,” kata Medi Iswandi.

Medi mengatakan, jumlah restoran dan rumah makan yang ada di Kota Padang terdapat 512 unit. Seluruh rumah makan dan restoran yang ada di Kota Padang akan terus dibina berikut pedagang kecil yang berjualan di objek-objek pariwisata.

Salah satu restoran dan rumah makan yang direkomendasikan adalah Rumah Makan Sederhana. Manager RM Sederhana, Erizal akan berusaha meningkatkan pelayanan yang terbaik.

Ia yakin kebijakan Pemko Padang itu akan berdampak positif terhadap usahanya dan orang akan lebih mengenal rumah makan yang dikelolanya. Apabila orang sudah mengenal, otomatis tingkat kunjungan akan meningkat dan pendapatan juga semakin meningkat. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.