Kamis, 8 Desember 22

Pemkab Kebumen Sediakan Sekolah dan Puskesmas Ramah Anak

Pemkab Kebumen Sediakan Sekolah dan Puskesmas Ramah Anak
* Peringatan Hari Anak Nasional di Kebumen

Obsessionnews.com – Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Kabupaten Kebumen berlangsung di Pendopo Kabumian, Kamis (28/7) dengan diisi berbagai macam kegiatan dan pemberian hadiah menarik.

Beberapa kegiatan di antaranya adalah Kampanye Perlindungan Anak dengan melukis di atas tampah yang berisi pesan anti kekerasan terhadap anak yang diikuti dari Forum Anak Kecamatan dan Forum Anak Kabupaten.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto beserta istri Iin Windarti yang menjabat sebagai Bunda Forum Anak juga ikut meramaikan dengan melukis jantung sebagai simbol bahaya merokok, apalagi bagi anak-anak, bersama forum anak kecamatan dan kabupaten.

Bupati menyatakan, peringatan HAN Kabupaten Kebumen berlangsung meriah dan membanggakan, lantaran Kebumen tahun ini mendapat dua penghargaan sekaligus. Pertama penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sebagai Kabupaten Ramah Anak dua kali berturut-turut 2021 dan 2022

Kedua, Kebumen tahun ini juga mendapat penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai Kabupaten Layak Anak untuk tingkat Madya dua kali berturut-turut. Penghargaan ini menunjukan pemerintah sangat perhatian terhadap hak-hak anak.

“Penghargaan ini merupakan kado di Hari Anak Nasional. Hari Anak Nasional ini sangat penting karena generasi yang akan datang itu akan dipegang oleh anak-anak generasi sekarang,” ujar Bupati.

Menurutnya, fokus pemerintah saat ini adalah memberikan perlindungan pada anak. Kedua, pengembangan potensi anak, ketiga pengembangan karakter anak melalui dunia pendidikan, dunia keagamaan, dan dunia kreativitas.

“Hal yang sangat penting juga adalah anak sangat berhak untuk bermain, bergaul, memanfaatkan waktu luang, dan beristirahat. Kita sebagai orang dewasa berkewajiban memberikan perlindungan pada anak terhadap diskriminasi, eksploitasi ekonomi, seksual, kekerasan, penganiayaan, dan sebagainya,” ucapnya.

Selain itu, Bupati menyatakan, sebagai bentuk perhatian terhadap hak anak, di HAN ini pemerintah membuat program Sekolah Ramah Anak, dan Puskesmas Ramah Anak. Keduanya ini sangat penting dalam pemenuhan hak anak serta menjadi indikator pembangunan daerah dalam mewujudkan Kebumen sebagai Kabupaten Layak Anak.

Dalam kesempatan itu, pemerintah juga memberikan penghargaan dan hadiah kepada enam sekolah yang menang dalam lomba Sekolah Ramah Anak, dan enam Puskesmas Ramah Anak.

Enam sekolah tersebut yakni, SMP N 1 Kebumen, SMN N 1 Ambal, SMP N 2 Sruweng, MTS N 1 Kebumen, MTS 3 Kebumen dan MTS N 4 Kebumen, Kemudian Puskesmas Ramah Anak pemenangnya adalah Puskesmas Poncowarno, Pejagoan, Sadang, Klirong, Buayan, Padureso. (Al)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.