Jumat, 25 September 20

Pemimpin dan Calon Pemimpin BPN Dituntut Kembangkan Potensi Manajerial

Pemimpin dan Calon Pemimpin BPN Dituntut Kembangkan Potensi Manajerial
* Hary Sudwijanto. (Foto: dok Kementerian ATR/BPN)

Jakarta, Obsessionnews.com — Dalam era yang sangat dinamis seperti sekarang ini, para pemimpin dan calon pemimpin di lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dituntut untuk menanamkan sikap open minded. Dalam hal ini dimaksudkan para pimimpin dan calon pemimpin harus mampu dalam mengelola perubahan, memiliki inovasi dalam pelayanan publik, mengembangkan deep insight, skills hingga gaya kepemimpinan.

Melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPPSDM), Kementerian ATR/BPN terus melakukan pengembangan kompetensi manajerial bagi para pemimpin dan calon pemimpin yang dilaksanakan secara virtual melalui webinar series dengan tema Transformational Leadership pada Senin, (03/08/2020).

Hadir sebagai narasumber, Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Penanganan Sengketa dan Konflik Tanah dan Ruang, Hary Sudwijanto dan perwakilan dari Rumah Perubahan, Dadang Kadarusman. Pada webinar series di episode kedua ini, dimoderatori secara apik oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati.

Dalam kesempatan tersebut, Hary Sudwijanto menyampaikan SDM di lingkungan Kementerian ATR/BPN merupakan unsur utama organisasi. Untuk itu, harus unggul dan kompetitif sebagai prasyarat mewujudkan nilai-nilai organisasi, yakni melayani, profesional dan terpercaya.

“Tanpa SDM yang unggul, kecanggihan teknologi dan informasi hingga sarana dan prasarana yang tersedia tidak bisa digunakan secara maksimal, anggaran yang besar tidak bisa dikelola dengan baik dan juga prosedur yang baik tidak berjalan secara efektif,” ucapnya.

Lebih lanjut, Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Penanganan Sengketa dan Konflik Tanah dan Ruang berharap agar para pemimpin dan calon pemimpin di lingkungan Kementerian ATR/BPN memiliki akuntabilitas, integritas dan kualitas yang baik serta melakukan inovasi atas kendala yang dihadapi.

“Kita harus memiliki sikap tersebut, karena kalau tidak bagaimana rencana strategi Kementerian ATR/BPN bisa dilaksanakan sesuai dengan arahan Menteri,” kata Hary Sudwijanto.

Pada kesempatan yang sama, Dadang Kadarusman selaku salah satu praktisi dari Rumah Perubahan mengartikan apa yang dimaksud dengan transformasional leadership. “Transformational leader adalah mereka yang berupaya untuk mendorong orang-orang di sekitarnya menjadi lebih baik, tidak hanya bagi individu, hal ini dilakukan juga bagi kantor dimana pemimpin ini bertugas,” tuturnya.

Dengan diadakannya webinar series dalam rangka melakukan pengembangan kompetensi manajerial bagi para pemimpin dan calon pemimpin diharapkan skill dalam mengelola perubahan, memiliki inovasi dalam pelayanan publik, mengembangkan deep insight, skills hingga gaya kepemimpinan bisa diinternalisasi kepada peserta agar para pemimpin dan calon pemimpin di masa depan dapat dengan cerdas dalam membawa perubahan ke arah yang lebih baik. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.