Minggu, 3 Juli 22

Pemilihan 12 Pahlawan dalam Rupiah Terbaru Berdasar Besarnya Jasa

Pemilihan 12 Pahlawan dalam Rupiah Terbaru Berdasar Besarnya Jasa

Jakarta, Obsessionnews.com- Dikeluarkannya rupiah baru Tahun Emisi (TE) 2016 sesuai Keputusan Presiden (Keppres) No. 31 Tahun 2016 tanggal 5 September 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional tentang penetapan gambar pahlawan nasional. Bukan lain tanpa alasan, ke-12 pahlawan tersebut dipilih karena memiliki makna tersendiri.

Pencantuman ke-12 sosok pahlawan dalam uang ini memiliki makna dalam, yakni sebagai bentuk penyampaian penghargaan dan membangkitkan semangat kepahlawanan dengan nilai-nilai patriotisme. Tak hanya itu, tampilan gambar tari Nusantara dan pemandangan alam yang tercantum sekaligus untuk memperkenalkan keragaman seni, budaya, dan kekayaan alam Indonesia.

“Pemilihan gambar pahlawan memperhatikan prioritas provinsi yang belum terakomodasi dalam uang rupiah; pahlawan yang berjuang di lingkup nasional, mempunyai dampak besar, dan nilai patriotisme, serta memiliki ketokohan seperti nama pahlawan sudah digunakan sebagai nama fasilitas umum,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Suhaedi, melalui keterangan tertulis yang ditelusuri Obsessionnews.com, Rabu (28/12/2016) pagi.

Selain itu, rupiah baru ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan dari sebelumnya, Suhaedi meneruskan dari sisi color shifting apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda, akan terjadi perubahan warna secara kontras.

Dari sisi rainbow feature, apabila dilihat dari sudut pandang tertentu akan muncul gambat tersembunyi multiwarna berupa angka nominal.

Dari sisi latent image, apabila dilihat dari sudut tertentu akan muncul gambar tersembunyi berupa teks BI pada bagian depan dan angka nominal pada bagian belakang.

Dari sisi ultraviolet (UV) feature, dilakukan penguatan desain UV feature yang berubah menjadi dua warna di bawah sinar UV. Dari sisi rectoverso, apabila diterawang akan terbentuk gambar saling isi berupa logo BI. (Aprilia Rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.