Kamis, 23 September 21

Pemilih Tuna Netra Tak Dapat Surat Suara Braille

Pemilih Tuna Netra Tak Dapat Surat Suara Braille

Semarang, Obsessionnews – Pemilih berkebutuhan khusus kategori tuna netra dipastikan tidak mendapat surat suara khusus dalam pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang. Kaum difabel buta hanya mendapat alat bantu berupa template tanpa surat suara berbentuk braille.

“Tidak ada surat suara khusus. Nantinya untuk tuna netra ketika mencoblos akan dibantu dengan template. Sudah kami siapkan tiap daerah,” kata Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, Selasa (1/12/2015).

Di sisi lain, pihaknya masih menunggu laporan surat suara rusak dari tiap daerah. Proses penghitungan surat suara rusak sudah mencapai di tingkat Kabupaten/Kota. Namun, untuk laporan distribusi tingkat TPS (Tempat Pemungutan Suara) tiap Desa belum diberikan.

“Untuk saat ini laporan yang kami terima, posisi logistik masih di tingkat Kabupaten/Kota. Kami masih menunggu surat suara rusak tiap daerah pada Rabu tanggal 2 November mendatang,” imbuhnya.

Menurutnya, laporan surat suara rusak akan diberikan setelah seluruh packing di tiap TPS selesai. Selain itu, untuk saat ini masih dalam tahapan pendistribusian di tiap daerah. “Jumlah surat suara rusak tidak banyak. Memang ada di salah satu kabupaten terjadi kerusakan dan sudah dilakukan penggantian oleh percetakan,” jelasnya.

Selanjutnya, surat suara rusak akan disimpan dan dibuatkan Berita Acara serta dikoordinasikan dengan Panwas Pemilihan di Kabupaten/Kota masing-masing. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.