Kamis, 14 November 19

Pemerintah Tetapkan 6 Mei sebagai Awal Puasa

Pemerintah Tetapkan 6 Mei sebagai Awal Puasa
* Sidang Isbat di Kementerian Agama RI. (Foto: dok Kemenag)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pemerintah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1440 hijriah pada Senin, 6 Mei 2019. Hal itu diputuskan dalam sidang isbat penentuan awal puasa di di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (5/5/2019) sekitar pukul 18.15 WIB seusai salat magrib.

“Dari hisab dan laporan petugas melihat hilal, seluruh peserta sidang isbat menyepakati pada malam hari ini kita sudah masuk Ramadan. Secara mufakat disepakati tahun 1440 Hijriah akan dimulai besok hari Senin 6 Mei 2019,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat mengumkan hasil sidang isbat.

Menteri Lukman memimpin langsung sidang penentuan 1 Ramadhan 1440 H. Mewakili pemerintah, Lukman menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Sidang Isbat digelar secara tertutup dan dihadiri sejumlah tokoh di antaranya dari PBNU, PP Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher dan Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar.

Hadir pula Duta Besar negara-negara sahabat, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sebelumnya dilakukan pemaparan posisi hilal dari 34 provinsi oleh Anggota Tim Hisab dan Rukyat Cecep Nurwendaya. Lukman menyaksikan paparan posisi hilal dari laporan tim pemantau di 102 titik Rukyatul Hilal dari 34 provinsi di Indonesia. Metode yang digunakan pemerintah adalah rukyat. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.