Sabtu, 4 Februari 23

Pemerintah Targetkan PP Dana Pensiun Rampung Pekan Depan

Pemerintah Targetkan PP Dana Pensiun Rampung Pekan Depan

Bogor – Pemerintah tengah merampung Rancangan Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur besaran iuran dana pensiun. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan paling lambat PP tersebut akan rampung pada pekan depan.

“PP sedang kita siapkan, mudah-mudahan selesai minggu-minggu depan,” ujar Sofyan usai menghadiri rapat terbatas di Istana Bogor, Jumat (5/6/2015) malam.

Sofyan ingin PP dana pensiun itu segera mungkin bisa diterbitkan sehingga jaminan pensiun pada pekerja bisa dilaksanakan. Namun dia belum bisa mengungkap besaran iuran yang ditetapkan pemerintah.

“Tadi perintah pa presiden kita selesaikan Peraturan Pemerintah tentang penjaminan pensiunan bagi para pekerja dan PP itu harus keluar sesegera mungkin,” terangnya.

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan pemerintah memutuskan besaran iuran, seperti kondisi ekonomi, kesejahteraan karyawan, maupun kemampuan perusahaan itu sendiri.

“Bagaimana masalah segala hal dipertimbangkan dan pa presiden mengatakan selesaikan PP sesegera mungkin supaya kita combine dengan UU,” kata dia.

Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Elvyn G Mesassya menambahkan pihaknya sudah menyiapkan implementasi program pensiun sesuai perintah presiden pada 1 Juli ini.

“Gak, ini kan sedang disiapkan PP-nya, saya hanya boleh mensosialisasikan setelah PP-nya keluar,” tutur Elvyn.

Setelah PP tersebut keluar, maka pihaknya baru akan menyurati perusahaan-perusahaan mengenai besaran iuran yang ditetapkan pemerintah. Untuk sementara dia belum bisa berbuat banyak karena masih menunggu PP tersebut.

“Nah dalam PP itu lengkap akan dicantumkan berapa iurannya, berapa perkiraan manfaatnya. Nah itu dimatangkan dalam dua hari ini,” ungkapnya.

Sementara untuk persiapan grand lanching pada 1 Juli, Elvyn mengaku tidak ada kendala. Semuanya kata dia sudah disiapkan dengan betul sehingga tinggal menunggu pelaksanaan saja.

“Insyaallah tanggal 30 Juni kita launching untuk peluncuran BPJS Ketenagakerjaan 1 Juli. Gak ada (kendala), aman semua,” lanjut dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.