Rabu, 13 November 19

Pemerintah Tak Atur Volume Azan

Pemerintah Tak Atur Volume Azan
* Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (foto: Rusydi/Kemenag)

Palu, Obsessionnews.com  – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menanggapi terkait polemik tentang surat edaran yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) terkait pengeras suara masjid, dia menilai sebagian kalangan masih banyak yang belum paham terkait edaran tersebut.

“Edaran pengguna pengeras suara masjid adalah tuntunan, bukan regulasi ataupun produk hukum. Sifatnya hanyalah tuntunan, siapa saja bisa melakukan dan bisa juga tidak melakukan mengikuti aturan tersebut. Dan sekali lagi kami tegaskan bahwa pemerintah  (Kementerian Agama) tidak sama sekali mengatur azan dan volume besar kecilnya azan,” kata Menag ketika meninjau Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (18/9/2018).

Di dalam edaran tersebut, kata Lukman, tidak ada sama sekali aturan mengurangi volume azan. Yang ada hanyalah keinginan masyarakat terkait pengaturan penggunaan pengeras suara. Karena masjid tumbuh di tengah-tengah banyaknya komunitas masyarakatnya.

“Setelah adanya komplain masyarakat terhadap takmir masjid terkait pengeras suara masjid, pihak Kementerian Agama melihat kembali bahwa tuntunan tersebut sudah ada diterapkan di Indonesia sejak tahun 1978,” jelasnya.

Sebelumnya Kementerian Agama merilis surat edaran Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag No Kep/D/101/1978 tentang Penggunaan Pengeras Suara di Masjid. Lalu kembali diedarkan lagi pada nomor B.3940/DJ.III/HK.00.07/08/2018 tanggal 24 Agustus 2018.

Edaran terbaru menimbulkan banyak pertanyaan di kalangan masyarakat. Instruksi itu dianggap bersifat diskriminatif karena hanya mengatur rumah ibadah tertentu. Sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan kecemburuan di tengah masyarakat. (Bal)

 

Baca juga:

Susi Hormati Azan Jadi ‘Trending Topic’ di Google

Gatot: Ibu Pertiwi Cantik Karena Lantunan Al-Quran dan Azan

Israel Larang Azan di Masjid Palestina

Azan Terdengar, Wasit Top Inggris Hentikan Pertandingan di Arab Saudi

Akhirnya Raffi Ahmad Azani Anak Sulungnya

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.