Rabu, 8 Februari 23

Pemerintah Resmi Umumkan Hari Idul Fitri pada 6 Juli

Pemerintah Resmi Umumkan Hari Idul Fitri pada 6 Juli

Jakarta, Obsessionnews – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin atas nama pemerintah di kantor Kemenag Jalan MH Thamrin No. 6 Jakarta Pusat, Senin (4/72016), resmi menyampaikan penetapan Hari Idul Fitri 1 Syawal 1437H jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016. Keputusan hari besar umat Islam di dunia ini berdasarkan hasil hasil sidang Isbat.

“Kami bersepakat berdasarkan laporan dalam sidang (Isbat), bahwa 1 Syawal 1437 H jatuh pada hari Rabu, 6 Juli 2016,” kata Menag Lukman Hakim Saifuddin saat menggelar konferensi pers.

Selain itu, hasil penetapan yang juga dihadiri oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, Sekjen Kemenag Nur Syam, dan Dirjen Bimas Islam Machasin itu, menjelaskan, penetapan 1 Syawal 1437 H berdasarkan setelah mendengar laporan dari Tim Rukyah yang tersebar di 90 titik yang ada di Indonesia.

Seluruh pelapor kecuali daerah Aceh dan Sumbar (yang belum melapor karena posisinya berada di paling Barat), menyatakan hilal belum tampak pada Senin petang ini atau di bawah ufuk. Dengan demikian bulan Ramadhan diistikmalkan atau digenapkan menjadi 30 hari

Sementara Ketua MUI Makruf Amin mengajak umat Islam untuk selalu bersatu dan menjadikan momentum Idul Fitri 1437H memperkuat ukhuwah Islamiyah di antara kita. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.