Minggu, 17 Januari 21

Pemerintah Pusat Tawarkan DP Rumah 0% untuk PNS TNI/Polri

Pemerintah Pusat Tawarkan DP Rumah 0% untuk PNS TNI/Polri
* Presiden Joko Widodo meninjau proyek satu juta rumah.

Jakarta, Obsessionnews.com – Tidak hanya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Pusat juga menawarkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) bersama anggota TNI/Polri tanpa ada down payment (DP) atau DP 0%.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sebagai penyusun skemanya mengungkapkan, KPR ini akan mempermudah bagi para PNS dan TNI/Polri untuk memiliki rumah.

“DP-nya nol dan tenornya lebih panjang dari KPR biasanya,” kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di kantornya, Rabu (18/4/2018).

Tenor bisa dua kali lipat dari KPR pada umumnya, yang sebelumnya 15 menjadi 30 tahun. Bahkan, kata Bambang, tenor KPR khusus bagi ASN dan anggota TNI/Polri ini bisa melampaui masa pensiun mereka sehingga tidak terbatas usia saat mengajukan kredit tersebut.

Selain itu, KPR khusus ini akan menerapkan tingkat bunga yang relatif lebih rendah dari bunga KPR pada umumnya. Cicilan KPR khusus ini nantinya akan dipotong secara otomatis dari gaji atau payroll para ASN dan anggota TNI/Polri tiap bulan.

“Skema ini untuk ASN, TNI, Polri, yang penghasilannya sudah di atas kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Mereka bisa mengajukannya per individu, kalau belum punya rumah bisa melalui skema ini,” tutur Bambang.

Para ASN serta anggota TNI/Polri dipersilakan untuk mencari terlebih dahulu lokasi rumah yang ingin dibeli, baru mengajukan KPR khusus. Ini berbeda dengan program KPR yang terikat dengan proyek properti, sehingga lokasinya bisa di mana saja disesuaikan dengan pekerjaan dinasnya.

Bambang menjanjikan skema KPR khusus ini bisa dirampungkan paling lambat akhir tahun 2018. Pihaknya akan segera melakukan sosialisasi setelah skemanya sudah fix. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.