Kamis, 8 Desember 22

Pemerintah Pastikan Vaksin Covid-19 yang Diterima Tak Rusak

Pemerintah Pastikan Vaksin Covid-19 yang Diterima Tak Rusak
* Ilustrasi vaksin Covid-19. (Foto: AyoSemarang.com)

Jakarta, Obsessionnews.comPemerintah memastikan akan melakukan pemeriksaan mengenai kedatangan vaksin Covid-19 setelah vaksin tersebut tiba di Indonesia.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, pemeriksaan fisik barang akan dilakukan secara teliti dan cermat. Sehingga, jika ada vaksin yang rusak saat tiba bisa langsung dilaporkan oleh distributor.

“Sehingga kita yakin status vaksin diterima dengan baik tidak ada kemasan yang rusak dan suhu perjalanan sesuai dengan prosedur kalau ada barang yang rusak kita akan segera melaporkan ke penyediaan vaksin dengan melampirkan arrival reportnya,” ujar Terawan dalam video virtualnya, Senin (7/12/2020).

Tak hanya itu, Bio Farma juga memastikan kendaraan pendingin dengan kondisi baik saat membawa vaksin Covid-19. Nantinya dipindahkan ke gudang vaksin yang sudah disediakan.

“Sehingga monitoring pendingin dan dari bandara ke gudang vaksin dapat terjaga dengan baik dan gudang vaksin disipakan kapasitas menampung baksin dan seusai standar operaisonal manajemen rantai dingin,” pungkas Terawan.

Seperti diketahui, Indonesia menerima 1,2 juta vaksin Sinovac hari ini. Vaksin itu tiba melalui bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Vaksin itu sudah melalui uji klinis di Bandung, Jawa Barat, pada Agustus 2020 lalu. Selain itu, Jokowi mengatakan akan ada sekitar 1,8 dosis lagi yang akan tiba pada awal Januari 2021. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.