Sabtu, 1 Oktober 22

Pemerintah Kucurkan Bantuan Langsung Kepada Masyarakat Miskin

Pemerintah Kucurkan Bantuan Langsung Kepada Masyarakat Miskin
* Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendengarkan arahan dari Presiden Jokowi. (Foto: Kabar24)

Jakarta, Obsessionnews.com — Pemerintah mengucurkan social safety net atau jaring pengaman sosial untuk mengatasi dampak wabah Covid-19. Bentuknya berupa bantuan langsung kepada masyarakat miskin yang termasuk dalam keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak 15,2 juta.

Keputusan ini diambil berdasarkan hasil rapat antara Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Menteri Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri Sosial, serta Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Jokowi.

“Pemerintah sudah mempersiapkan bantuan langsung tunai dengan cakupan 15,2 juta rumah tangga melalui mekanisme Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) akan diberikan Insya Allah tiap bulan,” ujar Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam video conference-nya dengan wartawan, Selasa (24/3/2020).

Dalam rapat tersebut juga diputuskan bahwa masyarakat yang berpenghasilan harian dan rendah atau yang bekerja di sektor informal akan mendapatkan bantuan. “Pemerintah sudah melakukan inventarisasi dan cakupan besaran jumlah bantuan yang akan diberikan dan sektor-sektor mana nanti yang sedang diinventarisir,” kata dia.

Inventarisasi itu dilakukan untuk menghitung besaran jumlah yang akan diperbantukan serta implikasinya terhadap anggaran pendapatan belanja negara (APBN). Ma’ruf memastikan bahwa mereka yang mendapatkan semua jaring pengaman sosial itu adalah KPM yang sudah terdaftar di Kementerian Sosial (Kemensos).

“Kami menghindari, jangan sampai yang menerima justru bukan orang miskin melainkan orang kaya karena itu perlu dilakukan seleksi supaya tidak salah dalam memberikan insentif atau bantuan subsidi kepada yang berhak,” kata dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.