Sabtu, 16 Oktober 21

Pemerintah Inventarisir Pasar di Sumbar

Pemerintah Inventarisir Pasar di Sumbar
* Nasrul Abit.

Padang, Obsessionnews – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) akan menginventarisir pasar yang ada di Sumbar. Inventarisasi pasar dilakukan untuk memetakan persoalan, kewenangan dan tanggung jawab berikut distribusinya.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, mengatakan dari 292 pasar rakyat yang ada di Sumbar, ada yang dibangun kabupaten/kota dan dibangun nagari. Seluruhnya akan ditertibkan sehingga diketahui duduk persoalannya untuk diperbaiki sehingga kewenangan dan tanggungjawabnya jelas.

“Kita akan menginventarisir seluruh pasar yang ada termasuk pasar kaget,” kata Nasrul Abit usai menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Senin (29/2).

Nasrul Abit mengatakan, dari seluruh pasar rakyat yang ada, yang diperbaiki sekitar 30 persen.  Selebihnya perlu dibenahi sehingga kondisinya lebih baik, lebih bersih dan tidak becek.

Bagi pasar yang dinilai tidak layak akan dibangun kembali dan Pemprov Sumbar akan berupaya mengusulkan dana pembangunannya kepaa Kementerian Usaha Kecil Menengah (UKM).

Sejak enam tahun belakangan, Pemerintah membangun pasar rakyat di Sumbar. Pembangunan melalui koperasi sudah terlaksana 30 unit pasar yang tersebar di 13 kabupaten/kota di Sumbar.

“Dari 30 pasar rakyat itu sudah ada yang beroperasi dan yang masih dikerjakan,” kata Nasrul Abit. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.