Sabtu, 16 Oktober 21

Pemerintah Harus Segera Atasi Darurat Beras!

Pemerintah Harus Segera Atasi Darurat Beras!

Jakarta, Obsessionnews – Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) mendesak Pemerintah untuk segera mengambil langkah strategis dan konkret sebagai upaya menahan laju kenaikan harga beras serta kelangkaan nya dipasaran. “Kita meminta semua pihak yang berkepentingan khususnya pemerintah wajib bekerja maksimal dalam menanggulangi permasalahan ini,” tegas Ihsan Jauhari, Ketua Bidang Litbang dan Program DPP IKAPPI, Rabu (25/2/2015).

Ia menegaskan, hal ini harus diselesaikan dengan langkah menyeluruh. Artinya, Kementerian Pertanian, Bulog, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan dan Polri harus bersinergis dalam mensiasati permasalahan beras ini. Baik dalam menanggulangi situasi kelangkaan beras maupun mengatasi kenaikan harga yang kian tinggi dalam beberapa hari ini.

“Ini menyangkut hajat hidup orang banyak, menyangkut ‘isi perut’ sebagian besar masyarakat  Indonesia yang menjadikan beras sebagai bahan makanan pokok!” seru Ketua DPP IKAPPI dalam pernyataan sikapnya yang dikirimkan kepada Obsessionnews.

Ihsan mengingatkan, Pemerintah jangan hanya bisa menuding spekulan sebagai pihak yang mengambil keuntungan dalam situasi ini tanpa ada langkah nyata dan tegas dalam menindak mereka. “Tangkap dan beri sanksi hukum agar jera, karena kita jarang sekali melihat ada oknum spekulan yang dihukum,” pintanya.

“Jangan sampai ulah segelintir oknum tersebut menjadi tudingan kepada semua pedagang. Jika persoalan pada jalur distribusi maka harus ada evaluasi di bidang transportasi,” tambahnya.

DPP IKAPPI juga mengingatkan agar situasi ini jangan dimanfaatkan sebagai pintu masuk untuk membuka kran impor beras. “Kami Menolak rencana Pemerintah untuk mengimpor beras tanpa memberi penjelasan yang konfrehensif serta tidak memberi solusi untuk mengatasi persoalan diatas,” tandas Iahsan.

Ia pun berharap, Pemerintah jangan hanya mengambil jalan pintas tanpa memikirkan effectnya terhadap pedagang dan petani. Persoalan ini (kelangkaan) bukan sekali ini  terjadi tetapi pemerintah sepertinya ‘gagap’ dalam menghadapi  kelangkaan. “Oleh karena itu kami meminta pemerintah untuk lebih serius dalam menghadapi situasi ini,” tegasnya. (Asma)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.