Jumat, 27 Mei 22

Pemerintah Gelar OP Beras Berkualitas dan Harga Terjangkau

Pemerintah Gelar OP Beras Berkualitas dan Harga Terjangkau

Jakarta, Obsessionnews – Operasi Pasar (OP) beras Pemerintah telah digelar sejak November 2015 hingga saat ini di seluruh wilayah Indonesia. Program ini dilakukan sebagai upaya untuk mengendalikan harga beras, sekaligus memberikan pilihan bagi masyarakat untuk dapat menjangkau kebutuhan berasnya dengan kualitas dan harga yang terjangkau.

Sebanyak 53 ribu ton beras telah disalurkan hingga Senin (21/12), baik dengan mekanisme OP yang harganya ditetapkan oleh Pemerintah, maupun dengan mekanisme komersial yang diupayakan harganya lebih rendah daripada harga di pasar.

Keterangan tertulis Perum Bulog yang diterima Obsessionnews.com Selasa (22/12) menyebutkan, OP akan terus dilaksanakan sampai dengan harga beras dianggap stabil dan tidak lagi meresahkan masyarakat. Bulog telah menyiapkan sejumlah stok yang cukup untuk menjaga stabilitas harga beras. Harga OP beras tertinggi Rp8.300/kg di Pulau Jawa dan Rp.8.400/kg di luar P Jawa.

Khusus DKI dan sekitarnya telah dilaksanakan OP beras pemerintah sebanyak 21 ribu ton melalui berbagi saluran yaitu pedagang grosir, pedagang eceran dan langsung ke masyarakat. Selasa (22/12) digelar OP beras langsung ke masyarakat maupun ke pedagang-pedagang grosir di Pasar Induk Cipinang. Sebanyak 20 truk yang masing-masing mengangkut 20 ton beras siap untuk digelontorkan mulai hari ini. Jumlah ini akan ditingkatkan sesuai dengan permintaan pasar dan dengan memperhatikan perkembangan harga beras.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan beras OP pemerintah dengan harga Rp8.300/kg, dapat langsung menuju ke kios-kios yang beker jasama dengan Bulog. (arh)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.