Selasa, 27 Oktober 20

Pemerintah Dukung Penuh UMKM Bangkit di Masa Pandemi

Pemerintah Dukung Penuh UMKM Bangkit di Masa Pandemi
* Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki (foto : Humas KemenkopUKM)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pemerintah akan mendukung sepenuhnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk tetap dapat berkembang di tengah masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Pasalnya diakui bahwa UMKM selama ini menjadi pilar utama dalam perekonomian nasional.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Teten Masduki, mengatakan UMKM yang tidak sanggup bertahan dalam pandemi, maka pemerintah sepakat akan memasukkan kelompok tersebut dalam kelompok masyarakat miskin baru dan akan diberikan bantuan sosial (Bansos). Dengan begitu kebutuhan harian mereka akan dibantu oleh pemerintah.

Menurut dia, bagi UMKM yang dapat berkembang akan mendapatkan dukungan sepenuhnya dari pemerintah untuk tetap dapat tumbuh di masa saat ini seperti keringanan pajak dan lainnya. Indikatornya UMKM yang berkembang adalah masih terdapatnya permintaannya produknya dimasyarakat atau meningkatnya jumlah produk yang dipesan oleh konsumen.

“Ini yang akan kita habis-habisan memberikan berbagai program seperti restruktrurisasi kredit bahkan sekarang KUR 0 persen yang dibawah Rp10 juta,” kata Teten dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk “Bantuan UMKM, Sudah Efektifkah?” yang diselenggarakan di Ruang Auditorium Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Jumat (4/9/2020)

Pertimbangan pemerintah tidak memberikan stimulus berupa permodalan, karena berpotensi menambah beban berat pelaku UMKM yang tidak bisa bertahan tersebut. Nantinya, bila diberikan permodalan dari bank, dikhawatirkan akan lebih memberatkan pelaku UMKM ketika ingin bangkit kembali pasca berlalunya Covid-19.

“Tidak bisa bertahan akan diberikan Bansos. Kita golongkan dalam kelompok miskin baru. Kalau kita kasih permodalan akan memberatkan mereka bangkit lagi,” tuturnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.