Selasa, 26 Oktober 21

Pemerintah Cabut Passing Grade CPNS

Pemerintah Cabut Passing Grade CPNS
* Ilustrasi tes CPNS. (Foto: istimewa)

Bogor, Obsessionnews.com – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan mengumumkan perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 melalui sekema baru.

Menteri PANRB Syafruddin mengatakan, aturan  baru ini berbentuk Peraturan Menteri PAN-RB (Permenpan). Hal itu juga sudah dikonsultasikan kepada Presiden.

“Ya sudah Permenpan saya sudah lapor bapak presiden. Hari ini akan kita luncurkan Permenpan tetap yang lama 37, kemudian Permenpan 37 mungkin ini 38 nomornya memperkuat yang 37. Jadi tidak menganulir,” kata Syafruddin di Istana Bogor, Rabu (21/11/2018).

Dalam aturan yang baru, kata Syafruddin, perekrutan CPNS tidak lagi berorientasi pada passing grade atau abang batas melainkan pada ranking. Sehingga, setiap masyarakat yang lulus terjamin kualitasnya bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

“Kita ingin maju. Ini rapat kabinet membahas bagaimana meningkatkan SDM Indonesia yang unggul. Jangan sampai ini dibahas mundur karena itu kita kembali ke sistem ranking saja,” jelas dia.

Dia mencontohkan, dengan skema baru ini maka setiap kementerian/lembaga yang membutuhkan tenaga kerja akan diseleksi berdasarkan ranking. Siapa yang paling tinggi, itulah yang sudah dianggap paling terbaik tanpa menghilangkan standar yang ada.

Kebijakan baru ini, kata Syafruddin, akan diumumkan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan sudah mendapat restu dari Presiden Jokowi.

“Nantinya BKN yang ngatur, kan yang tentukan pemerintah, menteri, Menpan. Etikanya saya mesti lapor presiden karena ini kebijakan negara kebijakan pemerintah,” ujar dia. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.