Rabu, 8 Desember 21

Pemerintah Berikan Bantuan Jaminan Hidup Bagi Korban Bencana Jateng

Pemerintah Berikan Bantuan Jaminan Hidup Bagi Korban Bencana Jateng

Jakarta, Obsessionnews.com – Pemerintah melalui Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan memberikan bantuan kepada korban bencan banjir dan longsor di wilayah Jawa Tengah melalui program bantuan jaminan hidup.

“Kita akan kaji kembali kebutuhan lainnya setelah daerah rawan bencana aman,” ujar Menko PMK Puan Maharani di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (22/6/2016).

Puan tidak menyebut berapa total dana yang diberikan pemerintah kepada para korban, hanya saja menurut dia bantuan antisipasi bencana yang baru diberikan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana berkisar antara Rp 200 juta hingga Rp 300 juta.

“Update terus. Dari update terakhir, saya terus menunggu kepala daerah,” kata Puan.

Kemenko PMK, BNPB dan Kemensos sudah turun ke lokasi bencana untuk melihat situasi terkini di sana. Diakuinya sebagian besar dari kejadian tanah longsor dan banjir disebabkan hujan deras. Namun tindakan antisipasi bencana sudah dilakukan termasuk mengevakuasi warga di tempat yang aman.

“Untuk saat ini tetap melakukan pencarian korban yang diduga hilang atau sudah ditemukan korban yang meninggal,” pungkas dia.

Pemerintah sedang memetakan daerah-daerah yang rawan terjadi bencana sehingga nanti perlu dilakukan kebijakan rekolasi serta akan rutin melakukan kegiatan eduakasi dan sosialisasi agar masyarakat lebih waspada.

“Kita lihat dulu wilayah mana yang nantinya harus dilakukan relokasi dan lain-lain. Tapi yang pasti bagaimana menjaga warga yang selamat itu aman, dievakuasi, dan nantinya tidak ada korban lagi,” tambahnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.