Jumat, 24 September 21

Pemerintah Beri Syarat Bila Freeport Ingin Perpanjang Kontrak Hingga 2041

Pemerintah Beri Syarat Bila Freeport Ingin Perpanjang Kontrak Hingga 2041
* Menteri ESDM, Ignasius Jonan.

Jakarta, Obsessionnews.com – Pemerintah Indonesia memberi syarat kepada PT Freeport Indonesia bila ingin izin tambangnya diperpanjang hingga tahun 2041.

“Pemerintah setuju memperpanjang izin operasi Freeport maksimal 2 x 10 tahun sesuai perundangan dengan syarat,” ungkap Menteri ESDM, Ignasius Jonan di Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Syarat itu adalah Freeport harus membuat smelter sesuai PP 1/2007, harus pula divestasi 51 persen, serta mengikuti ketentuan perpajakan dan retribusi daerah yang ditetapkan Pemerintah.

Untuk diketahui pemerintah dengan PT Freeport Indonesia saat ini tengah melakukan negosiasi, terkait kepastian kelanjutan investasi Freeport pada tambang emasnya di Papua.

Kontrak Freeport di Papua akan habis pada 2021, dan perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut meminta agar izin usahanya diperpanjang hingga 2041.

Jika tidak ada kesepakatan maka holding BUMN tambang siap membeli 51 persen saham Freeport Indonesia. Holding BUMN tambang terdiri dari PT Inalum, PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, dan PT Timah Tbk. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.