Sabtu, 4 April 20

Pemerintah Belum Optimal Manfaatkan Penelitian

Pemerintah Belum Optimal Manfaatkan Penelitian
* Penganugerahan Habibie Award 2018 di Hotel Le Meredian, Jakarta, Selasa (13/11/2018). (Foto: Twitter @habibiecenter)

Jakarta, Obsessionnews.com – Peneliti dari Universitas Padjajaran (Unpad) Rovina Ruslami menyoroti pentingnya kolaborasi terutama antara peneliti dengan Pemerintah selaku salah satu pengguna hasil penelitian. Ditengarai masih terdapat hasil penelitian/kajian yang belum dimanfaatkan secara optimal oleh Pemerintah.

 

Baca juga: Kualitas SDM Indonesia Peringkat 87 dari 157 Negara

 

“Banyak sekali hasil-hasil penelitian yang sudah kami secara nasional hasilkan. Menurut kami, ketika itu bisa diadopsi oleh pemangku kebijakan, itu help a lot. (Namun) tidak serta merta apa yang kita temukan dari hasil penelitian tersebut bisa membantu menyelesaikan masalah. Itu bisa diadopsi teman-teman kami yang bekerja di instansi Pemerintah,” kata salah satu penerima Habibie Award ini pada acara Penganugerahan Habibie Award 2018 di Hotel Le Meredian, Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Rovina  menginginkan ada jembatan untuk menyederhanakan alur dan membuka sekat-sekat dengan kkomunikasi, agar hasil penelitian dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Alur-alur inilah apakah bisa dibikin lebih sederhana, lebih smooth. Bagaimana kita membuka sekat-sekat tersebut, bagaimana kita bisa berkomunikasi lebih baik lagi supaya hasil penelitian tersebut bisa dimanfaatkan bagi masyarakat,” ujar Rovina. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.