Senin, 29 November 21

Pemerintah Belum Hitung Penghematan Anggaran dari Rasionalisasi 1 Juta PNS

Pemerintah Belum Hitung Penghematan Anggaran dari Rasionalisasi 1 Juta PNS

Jakarta, Obsessionnews – Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brojonegoro mengaku belum menerima proposal program rasionalisasi 1 juga pegawai negeri sipil (PNS) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

“Belum ada proposal,” ujar Bambang di Kantornya, Jakarta, Selasa (7/6/2016).

Dengan belum diterima proposal tersebut Bambang belum bisa memastikan berapa nilai anggaran yang mampu dihemat terkait rencana pemerintah melakukan rasionalisasi 1 juta PNS.

Menurut dia, penghematan dari rencana rasionalisasi PNS baru bisa dihitung setelah ada proposal dari Kementerian PANRB. Oleh karena itu, Kementerian Kauangan akan menunggu proposal tesebut.

“Tunggu proposal. kalau mau dihitung (penghematannya) tunggu proposal,” pungkas Bambang.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan pemerintah sedang menggodok program rasionalisasi 1 juta pegawai negeri sipil. Program rasionalisasi PNS ini dilakukan secara alami supaya belanja pegawai lebih efisien.

“Ya itu kalau dilakukan seperti itu, suatu saat tercapai, sehingga betul-betul isi kualitas, kemudian belanja lebih efisien bisa dilakukan,” kata Jokowi.

Jokowi mengaku program ini disiapkan bukan hanya untuk tahun ini, melainkan jangka panjang. Artinya kata Jokowi, misal 1 tahun pensiun 120 ribu, maka pada tahun ke 5, pemerintah hanya akan menerima 60 ribu hingga nanti berkurang sampai 1 juta PNS.

“Tapi memang itu rencana dan konsep dari menpan memang belum saya terima,” jelas Presiden. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.