Selasa, 27 September 22

Pemerintah Anggarkan Rp 1 T Tangani Rumah Rusak Dampak Gempa NTB

Pemerintah Anggarkan Rp 1 T Tangani Rumah Rusak Dampak Gempa NTB
* Gempa Lombok, NTB. (Foto: BNPB)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pemerintah sedang menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 triliun yang akan dialokasikan untuk penanganan gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB). Penggunaan anggaran itu masih menunggu data rumah rusak dari pemerintah daerah.

“Sejauh ini kita sudah bisa anggarkan awalnya Rp 1 triliun dari kementerian-kementerian. Tapi sambil menunggu data yang lengkap dan akurat dari pemda, berapa sebenarnya rumah yang rusak berat, rusak sedang dan ringan,” ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Kantornya, Jakarta, Kamis (23/8/2018).

JK menjelaskan gempa NTB belum ditetapkan sebagai bencana nasional mengingat pemerintah daerah setempat masih mampu menanganinya. Meski begitu, lanjut JK pemerintah pusat tetap memberi perhatian penuh atas musibah yang terjadi.

“Sekarang tetap pemda (NTB). Karena pemdanya berjalan dengan baik. Beda dulu tsunami (Aceh) itu collapse semuanya. Itu yang membedakannya,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, saat ini distribusi bantuan kepada para korban terus dilakukan ke tenda-tenda pengungsian. Didistribusi bantuan ditangani langsung oleh Korem setempat dan dibantu oleh BNPB

“Jadi yang bertanggungjawab di lokasi itu daerah yang dalam hal ini ketuanya adalah komandan Korem dan bekerja efektif, dan datanya lengkap,” katanya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.