Rabu, 12 Agustus 20

Pemerintah akan Tambah Peralatan Basarnas

Pemerintah akan Tambah Peralatan Basarnas

Jakarta – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Tedjo Edhy Purdijanto mengapresiasi keberhasilan Badan SAR Nasional (Basarnas) yang telah menemukan pesawat AirAsia QZ8501 di Kalimantan Tengah hanya dalam waktu tiga hari.

“Karena Basarnas telah berhasil mendapatkan apresiasi dari dalam maupun luar negeri,” ujar Tedjo di komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/1/2015).

Keberhasilan Tim Basarnas ini juga mendapat apresiasi yang tinggi dari dunia internasional. Sebab kata Tedjo tidak semua kecelakaan pesawat dapat diungkap dalam waktu singkat. Hingga saat ini Tim SAR Gabungan telah berhasil menemukan 37 korban dan belasan serpihan pesawat.

Oleh karena itu kata Tedjo pemerintah berkeinginan memperkuat Basarnas baik dari sisi peralatan maupun peningkatan kemampuan melalui latihan, khususnya latihan dalam menghadapi cuaca buruk.

“Untuk keberhasilan mengungkap kasus ini dalam waktu 3 hari, maka ke depan kita perlu tingkatkan. latihan lagi untuk menghadapi SAR dalam keadaan cuaca yang kurang baik,” katanya.

Rencana ini menurut Tedjo akan dibahas bersama kementerian terkait. Namun ia yakin semua pihak pasti akan mendukung kebijakan ini demi kebaikan SAR Nasional. “Ya mungkin ke depan perlu dibicarakan tapi kita sudah apresiasi keberhasilan Basarnas ini,” papar dia. (Has)

Related posts