Rabu, 30 September 20

Pemekaran DOB Bukan Satu-satunya Solusi Masalah Pemerintahan Daerah

Pemekaran DOB Bukan Satu-satunya Solusi Masalah Pemerintahan Daerah
* Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. (Foto: FB Ma'ruf Amin)

Jakarta, Obsessionnews.com – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengatakan, pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) bukan satu-satunya solusi masalah pemerintahan daerah.

“Saat menerima Ketua DPD RI, A.A La Nyalla Mahmud Mattalitti, saya menegaskan bahwa optimalisasi kebijakan pemerintah yang langsung menyentuh masyarakat dapat menjadi alternatif dari pemerintah daerah,” tutur Ma’ruf seperti dikutip obsessionnews.com dari akun Facebooknya, Kamis (6/8/2020).

 

Baca juga: 

Ma’ruf Amin Beberkan Empat Kunci Sederhana Lawan Covid-19

Ma’ruf Amin: Kita Membutuhkan Rahmat Allah SWT untuk Menghalau Wabah Corona dari Negeri Ini

 

Menurutnya, ptimalisasi kebijakan tersebut dapat diterapkan melalui program-program yang manfaatnya dapat langsung dirasakan masyarakat. Seperti program dana desa, pencegahan stunting, program jaminan dan bantuan sosial.

‘Ke depan apabila akan dilakukan pembentukan DOB, harus dilaksanakan secara selektif dengan memperhatikan kepentingan strategis nasional,” ujar Ma’ruf.

Kepentingan politik, lanjutnya, dan juga kebutuhan masyarakat dengan memperhitungkan kemampuan keuangan negara. Termasuk pertimbangan teknis lainnya sebagai hasil evaluasi dari pembentukan DOB pada periode sebelumnya. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.