Rabu, 25 Mei 22

Pemda Siapkan Rusun dan Bangun Rumah Warga Korban Banjir Garut

Pemda Siapkan Rusun dan Bangun Rumah Warga Korban Banjir Garut

Garut, Obsessionnews.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku telah berbicara dengan Bupati Garut, Rudy Gunawan untuk mengupayakan relokasi warga yang tinggal di bantaran sungai Cimanuk. Relokasi dinilai sebagai solusi yang tepat, pasca terjadi banjir bandang dan tanah longsor yang melanda daerah tersebut.

“Sudah, sudah kita bicarakan dengan pa Bupati dengan berbagai pihak,” ujar Ahmad Heryawan saat ditemui wartawan di di Korem 062/Tarumanagara, Garut, Jabar, Kamis (29/9/2016).

Gubernur mengatakan bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi beberapa hari lalu sebagai momentum yang tepat untuk membenahi kawasan sungai Cimanuk. Dengan cara merolokasi warga yang terkena dampak bencana dan menghijaukan daerah sekitar.

“Warga itu sebahagian tinggal di bantaran sungai yang terlarang untuk dibangun, ternyata dibangun. Itu kan di mana-mana penyakit dari kota sampai desa,” katanya.

Mengenai rencana relokasi, menurut Heryawan akan warga akan menempati rusun milik Kementerian PUPR yang sudah dihibahkan. Serta menyiapkan lahan baru untuk pembangunan perumahan yang layak, mengingat kapasitas rusun tidak bisa menampung banyak warga.
“Pertama relokasinya itu ke rusun yang dimiliki kemen PUPR yang akan dihibahkan ke Kabupaten Garut, itu kan lumayan, sekian puluh unit,” tukas Heryawan.

Heryawan yakin warga akan menerima bila direlokasi oleh pemerintah daerah. Banyak warga yang sudah tidak memiliki tempat tinggal pasca bencana tersebut. Mereka sekarang masih tinggal di tempat-tempat pengungsian.

“Harus maulah, rumahnya sudah hanyut kok gak mau, dikasi rumah baru atau dikasi rusunawa pasti maulah. Terus yang lainnya kan tidak cukup dirusun kan, harus ada lahan untuk mereka dilahan tersebut, sedang dicari dengan pa bupati,” imbuh dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.