Jumat, 17 September 21

Pemda Perlu Alokasikan Anggaran Untuk Operasi Pasar

Pemda Perlu Alokasikan Anggaran Untuk Operasi Pasar

Jakarta, Obsessionnews – Pemerintah daerah, perlu juga ikut serta pengendalian harga berbagai kebutuhan pokok. Makanya, alokasi anggaran untuk mengadakan operasi pasar diperlukan dalam menyusun APBD tahun mendatang.

Demikian ditegaskan Gubernur Bank Indonesia (BI) sekaligus ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dalam sambutannya pada rakornas TPID di Jakarta, Rabu (27/5/2015).

“Dalam menyusun APBD tahun mendatang, agar menganggarkan operasi pasar agar stabilisasi harga terwujud,” kata Agus.

Agus juga bilang, sepanjang tahun 214 lalu pemerintah cukup berhasil melakukan pengendalian harga sehingga inflasi bisa dipertahankan di angka 8,36%.

“Kami memandang ini keberhasilan, di tengah tekanan inflasi paska reformasi subsidi energi yang ditempuh pemerintah pada akhir tahun 2014,” ucap Agus.

Lebih lanjut Agus menambahkan meski inflasi cukup terkendali di banding negara-negara di ASEAN, angka inflasi di Indonesia masih terbilang tinggi. Pada April 2015, angkanya mencapai 6,79%. Sementara Filipina 2,2% Malaysia 0,9%, dan Thailand defisit 1%sementara Singapura defisit 0,3 persen.

“Dengan upaya koordinasi BI, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah, kita dapat memitigasi resiko yang ada. Sehingga dicapai sasaran inflasi 4 persen plus minus 1 persen hingga 2017, dan 3,5 persen plus minus 1 persen pada 2018,” kata Agus. (MBJ)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.