Selasa, 24 Mei 22

Pembangunan Teluk Tapang Terkendala Jalan

Pembangunan Teluk Tapang Terkendala Jalan

Pasaman Barat, Obsessionnews.com- Membangun wilayah kemaritiman, pelabuhan salah satu aspek pendukung penting. Namun, Pelabuhan Teluk Tapang, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Sumatera Barat (Sumbar) belum beroperasi, padahal sudah dibangun sejak 2008.

Pelabuhan yang berada terletak di Kecamatan Sungai Beremas ini belum beroperasi, karena infrastruktur jalan menuju pelabuhan belum dibangun.

Bupati Pasaman Barat Syahiran mengatakan, Kementerian Perhubungan belum mau melanjutkan pembangunan pelabuhan hingga akses jalan dari dan ke pelabuhan tersedia.

“Bagaimanapun, mereka telah berkomitmen akan segera menuntaskan seluruh infrastruktur Pelabuhan Teluk Tapang begitu akses jalan darat tersedia. Paling lama satu hingga dua tahun setelah jalan jadi, Pelabuhan ini akan bisa beroperasi,” katanya saat mendampingi Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar meninjau pelabuhan, Selasa (18/10/2016) siang.

wagub-sumbar-pelabuhan

Melihat kondisi demikian, Wagub Sumbar Nasrul Abit berjanji akan mengusulkan pembangunan jalan dari dan ke Teluk Kapang kepada Kementerian Pekerjaan Umum.
Untuk mendukung itu, diperlukan konsorsium perusahaan besar yang beroperasi di Kabupaten Pasbar untuk percepatan operasional pelabuhan. Hal ini nanti yang akan dijadikan dasar pengusulan pembangunan jalan ke Kementerian PU.

“Kita akan minta daftar nama perusahaan besar yang beroperasi di sini kepada Pemkab Pasbar. Ada 19 perusahaan besar. Saya minta ini secepatnya. Perusahaan-perusahaan ini nanti akan kita undang ke provinsi untuk minta persetujuan mereka agar memanfaatkan pelabuhan ini. Pernyataan persetujuan ini akan kita bawa ke Kementerian PU. Saya yakin usulan ini akan disetujui,” katanya.

Kunjungan kerja Wagub ke Pasbar bersama Kepala Dinas Kelautan & Perikanan (DKP) Provinsi Sumbar Yosmeri dan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi & Informatika Provinsi Sumbar. Kunker ini didampingi Bupati dan Wakil Bupati Pasbar beserta segenap jajaran Forkopimda Pasbar. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.