Minggu, 26 September 21

Pembangunan SPAM Regional Wosusokas Direncanakan Selesai Tahun 2024

Pembangunan SPAM Regional Wosusokas Direncanakan Selesai Tahun 2024
* Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Wosusokas untuk menambah pasokan air bersih perpipaan di Kabupaten Wonogiri, Sukoharjo, Karanganyar, dan Kota Surakarta, Jawa Tengah. (Foto: Kementerian PUPR)

Obsesssionnews.com –  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya meningkatkan akses air minum aman bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui peningkatan jaringan layanan air bersih perpipaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Dikutip obsessionnews.com dari akun Facebook Kementerian PUPR disebutkan,
di Provinsi Jawa Tengah saat ini sedang disiapkan  pembangunan SPAM Regional Wosusokas yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), untuk menambah pasokan air bersih perpipaan di Kabupaten Wonogiri, Sukoharjo, Karanganyar, dan Kota Surakarta.

Sumber air baku SPAM Regional Wosusokas berasal dari Waduk Gajahmungkur, Wonogiri, yang disalurkan melalui pipa transmisi air bersih dengan 12 titik reservoir. SPAM Regional Wosusokas rencananya memiliki kapasitas 1.450 liter/detik yang dapat melayani 116.000 Sambungan Rumah (SR) atau 580.000 jiwa.

Pembangunan SPAM Regional Wosusokas dilaksanakan secara bertahap, yakni Tahap I berkapasitas 750 liter/detik dan Tahap II berkapasitas 700 liter/detik. Proses pembangunan dimulai pada tahun 2021 dan direncanakan selesai pada tahun 2024. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.