Selasa, 18 Januari 22

Pembalap TTI Berhasil Naik Podium 1 dan 2 di Kejurnas ITCR Max 2021

Pembalap TTI Berhasil Naik Podium 1 dan 2 di Kejurnas ITCR Max 2021
* Menggunakan Toyota Yaris GR Sport #36 dan #39, pembalap Toyota Team Indonesia (TTI) Demas Agil dan Haridarma Manoppo berhasil menggapai podium 1 dan 2 Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Indonesia Touring Car Race (ITCR) Max 2021. (Foto: TAM)

Jakarta, obsessionnews.com – Menggunakan Toyota Yaris GR Sport #36 dan #39, pembalap Toyota Team Indonesia (TTI) Demas Agil dan Haridarma Manoppo berhasil menggapai podium 1 dan 2 Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Indonesia Touring Car Race (ITCR) Max 2021 Seri ke-6 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (5/12/2021).

Hasil ini sekaligus menobatkan Haridarma sebagai juara pertama Kejurnas ITCR Max musim 2021 bersama Demas sebagai juara kedua kompetisi yang sama. Poin maksimal yang berhasil diraih oleh keduanya menempatkan TTI sebagai juara pertama tim balap di Kejurnas paling bergengsi ini.

Sementara pembalap muda Jordan Johan #9 yang berkompetisi di Kejurnas ITCR 1.200 menggunakan Toyota Agya GR Sport, juga berhasil dinobatkan sebagai juara ketiga di Kejurnas ITCR 1.200 pada musim perdananya di tahun 2021 ini.

Selain itu, Demas Agil yang juga berlaga di gelaran Super Touring Car Racing 2 (STCR 2) 2021, berhasil meraih posisi pertama dan diikuti oleh pembalap wanita TTI Alinka Hardianti, yang comeback ke balap touring sekaligus menutup perhelatan Indonesia Sentul Series Of Motorsport (ISSOM) 2021 dengan meraih podium kedua STCR 2. Keduanya mampu meraih capaian baik ini dengan mengandalkan Toyota Yaris GR Sport.

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda mengucapkan selamat kepada seluruh pembalap dan anggota tim TTI yang berhasil meraih gelar juara nasional di Kejurnas ITCR Max dan gelar juara ketiga di Kejurnas ITCR 1.200.

Dia juga bersyukur Toyota Yaris GR Sport dan Toyota Agya GR Sport yang memiliki performa dasar dan power mesin yang mumpuni telah dimaksimalkan, sehingga dapat memberikan kontribusi besar kepada para pembalap dan tim TTI dalam meraih gelar juara di dua Kejurnas sekaligus.

“Semoga hasil baik ini dapat terus memotivasi pembalap dan tim TTI untuk senantiasa meraih catatan prestasi yang lebih membanggakan kedepannya,” ujar Matsuda dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/12).

Dia menyebutkan, semangat pantang menyerah ditunjukkan oleh para pembalap Toyota Team Indonesia (TTI), Haridarma Manoppo, Demas Agil, Jordan Johan, dan Alinka Hardianti di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Persiapan balap yang begitu ketat pun sanggup diimbangi oleh kerja keras tim TTI yang menerapkan semangat Kaizen atau perbaikan berkelanjutan sepanjang 6 seri gelaran Indonesia Sentul Series Of Motorsport (ISSOM) 2021 dalam meningkatkan kinerja dan daya saing kendaraan.

“Sehingga dapat terus memetik poin maksimal pada setiap seri dan merebut gelar juara di dua Kejurnas sekaligus,” ungkapnya.

Didukung oleh performa Toyota Yaris GR Sport yang sanggup memberikan kinerja terbaik sepanjang lomba tanpa kendala berarti, Haridarma dan Demas mampu tampil konsisten sehingga dapat mempertahankan posisi terdepan hingga akhir balapan Kejurnas ITCR Max seri ke-6.

Dengan begitu, Haridarma merasa bersyukur karena berkat dukungan tim TTI, Toyota Yaris GR Sport miliknya mampu tampil optimal dan menjadikannya juara nasional di Kejurnas ITCR Max.

“Saya sangat bersyukur hari ini saya dapat memenangi balapan seri ke-6 dan berhasil meraih gelar juara nasional di Kejurnas ITCR Max yang sangat bergengsi,” ujarnya.

Selain bekrat kerja keras tim dalam menemukan setting terbaik, performa Toyota Yaris GR Sport yang tangguh membuatnya mampu diandalkan di sepanjang 6 seri balap pada musim 2021 ini.

“Toyota Yaris GR Sport yang mewarisi DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing sangat mendukung target saya untuk memberikan yang terbaik di setiap seri dan memastikan gelar juara nasional di Kejurnas ITCR Max ini,” kata Haridarma.

Prestasi baik juga ditunjukkan oleh rekan satu timnya Jordan di Kejurnas ITCR 1.200. Menggunakan Toyota Agya GR Sport, pembalap muda yang baru bergabung dengan TTI di musim ini berhasil memastikan gelar juara ketiga di Kejurnas ITCR 1.200 musim 2021.

Jordan mengungkapkan rasa syukur dan mengaku senang karena mendapat dukungan penuh dari tim TTI sejak awal musim dalam memaksimalkan performa Toyota Agya GR Sport yang ia gunakan.

“Saya senang sekali dan bersyukur tim selalu all-out dalam mendukung saya sejak awal musim dengan meningkatkan daya saing Toyota Agya GR Sport yang memiliki performa handling dan power yang baik secara konsisten, sehingga saya dapat memacunya secara optimal di sepanjang seri balap pada musim 2021,” ujarnya.

Dia merasa, ini merupakan sebuah kehormatan dan kebanggan tersendiri bagi dirinya dapat meraih gelar juara ketiga di Kejurnas ITCR 1.200, pada musim perdana bersama tim TTI.

Toyota Team Indonesia (TTI) merajai Kejurnas ITCR Max dengan tampil sebagai juara nasional di tahun 2017, 2018, dan 2019. Sementara di tahun 2020, TTI tidak berpartisipasi karena pandemi COVID-19. Tahun ini, berkat dukungan penuh PT Toyota-Astra Motor (TAM) sebagai principal TTI yang menyediakan Toyota Yaris GR Sport dan Toyota Agya GR Sport, TTI kembali tampil dominan di ajang balap touring Indonesia.

Sementara itu, Direktur TTI, Dimitri Fitra Ditama mengungkapkan, TTI bersyukur karena dapat kembali berlaga di ajang balap touring Tanah Air tahun ini. Persiapan yang ketat serta persaingan yang sangat kompetitif, memacu TTI untuk melakukan pengembangan secara berkesinambungan agar performa Toyota Yaris GR Sport dan Toyota Agya GR Sport tetap optimal dan dapat diandalkan di setiap seri.

“Kedua hatchback yang mewarisi DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing ini begitu mumpuni dan mendukung kami untuk meraih gelar juara. Terima kasih atas dukungan penuh PT Toyota-Astra Motor (TAM) yang memberikan mobil balap yang dapat diandalkan,” kata Dimitri.

Toyota Yaris GR Sport dan Toyota Agya GR Sport berlaga di balap touring nasional tahun ini dengan mengusung DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing (TGR) yang berjiwa sporty dan eksklusif dalam line-up baru bernama GR (GAZOO Racing) Sport.

Yaris dan Agya mendapatkan kehormatan untuk menyandang badge GR Sport karena memiliki basis bodi hatchback yang kompak dan lincah serta bertenaga sehingga memiliki karakter sport yang kental.

Selain itu, Agya dan Yaris sudah mempunyai performa dasar yang lengkap dan memadai disertai kualitas produk yang andal sehingga dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan di trek balap.

Kerjasama apik antara pembalap dan engineer TTI dalam mencari seting kendaraan terbaik yang terus dikembangkan setiap seri mengikuti input dari pembalap dan kebutuhan yang dinamis di lapangan sejalan visi ever-better cars.

Langkah ini membuat Toyota Yaris GR Sport dan Toyota Agya GR Sport yang pada dasarnya sudah kompetitif menjadi kian tangguh dan andal saat dikemudikan oleh pembalap TTI. Hasilnya, gelar juara nasional di Kejurnas ITCR Max dan gelar juara ketiga di Kejurnas ITCR 1.200 berhasil diraih di musim 2021.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan, aktivitas motorsport merupakan bagian dari visi Toyota dalam menghadirkan solusi mobilitas yang andal dan berkualitas kepada pelanggan.

Belajar dari pengalaman di dunia balap yang tidak mengenal toleransi kesalahan, semangat dan motivasi engineer Toyota terpacu untuk melakukan pengembangan teknologi dan performa mobil sampai batas maksimal hingga melahirkan terobosan dan inovasi, yang selanjutnya bisa diterapkan ke jajaran produksi massal sebagai petunjuk menciptakan ever-better cars.

“Selamat untuk seluruh pembalap dan tim TTI yang telah berhasil meraih 2 gelar juara di musim 2021 ini. Perjalanan Toyota selama berkompetisi di ajang touring nasional ini merupakan langkah penting dalam menciptakan ever-better cars di kemudian hari,” ujar Henry.

“Masukan dan data yang Toyota dapatkan langsung dari lintasan balap, menjadi evaluasi penting bagi kami untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan performa produk-produk Toyota di masa depan,” tambah Henry. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.