Rabu, 16 Oktober 19

Pembahasan Masa Jabatan Airlangga Masih Alot

Pembahasan Masa Jabatan Airlangga Masih Alot
* Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Jakarta, Obsessionnews.com – Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar kembali dilanjutkan pada Rabu (20/12/2017) dengan agenda membahas masa jabatan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Belum ada kesepakatan sampai kapan jabatan Airlangga berakhir.

Sebagaian peserta Munaslub ada yang menginginkan  jabatan Airlangga sampai 2022. Namun sebagian yang lain ada juga yang menginginkan jabatan Airlangga sampai 2019 meneruskan sisa kepengurusan Setya Novanto.

“Hari ini adalah jawaban DPP mengenai pandangan-pandangan. Termasuk di antaranya soal masa jabatan ketua umum,” ujar Airlangga di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Pembahasan lainnya adalah mengenai mandat revitalisasi kepengurusan serta peraturan peralihan Anggaran Dasar dan Aturan Rumah Tangga (AD/ART) soal jumlah anggota dalam kepengurusan. “Itu hal-hal yang nanti perlu diputuskan hari ini,” kata dia.

Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono mengakui adanya dorongan agar Airlangga bisa memimpin Partai Golkar sampai 2022. Namun itu tergantung adanya forum kesepakatan di Munaslub.

“Semua tergantung dari keputusan kan prosesnya masih berjalan,” ujarnya.

Tercatat hanya tiga DPD I yang ingin Airlangga menjabat hingga 2022, yakni Jawa Barat, Gorontalo, dan Sulawesi Tenggara. Sementara yang laim menginginkan masa jabatan Airlangga sampai 2019.

Alasan yang mendasarinya adalah, pertama karena dalam AD/ART Golkar pengisian jabatan ketua umum yang lowong hanya sampai berakhirnya masa tugas orang yang digantikan.

Kedua, masa jabatan ketua umum baru hingga 2019 sesuai dengan periodisasi atau siklus pemilu yang lima tahunan. ”Selain itu, ada yurisprudensinya yakni ketua umum Golkar yang terpilih pada munaslub 2016 hanya meneruskan masa jabatan ketua umum yang terpilih di Munas 2014,” ujar Sekjen Partai Golkar Idrus Marham. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.