Senin, 17 Februari 20

Pemasangan Instalasi Listrik Gratis di Sumedang

Pemasangan Instalasi Listrik Gratis di Sumedang
* Warga Dusun Ciulur, Desa Trunamanggala, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, gembira karena telah dipasang sambungan listrik gratis bantuan Badan Usaha Sektor ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral). (Foto: Kementerian ESDM)

Sumedang, Obsessionnews.com – Sinar kegembiraan terpancar dari wajah Wahyudin, warga Dusun Ciulur, Desa Trunamanggala, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pasalnya kini di rumah pria berusia 35 tahun telah dipasang sambungan listrik gratis bantuan Badan Usaha Sektor ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral). Wahyudin tidak lagi khawatir, karena merasa lebih aman dan dapat bebas menggunakan listrik.

Wahyudin bersama istri dan anaknya sudah 11 tahun tinggal di rumah dengan mengandalkan sambungan kabel dari rumah warga lainnya.

 

Baca juga:

Penuhi Gaya Hidup Modern, Mobil Listrik Honda e Tawarkan Teknologi Terintegrasi

Wow! Sengatan Belut Listrik Ini 860 Volt

Wow!! Kompensasi Pemadaman Listrik Sudah Cair

Pasokan Listrik Dapat Dipenuhi di Ibu Kota Baru

 

Wahyudin. (Foto: Kementerian ESDM)

“Selama ini menyambungkan ke rumah lain. Kadang kabel rusak. Setelah dipasang listrik ini saya merasa lebih aman,” ungkapnya di depan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (Dirjen Gatrik) Kementerian ESDM Rida Mulyana yang hadir di rumahnya, Rabu (18/9/2019).

Dikutip obsessionnews.com dari siaran pers, Kamis (19/9/2019), disebutkan tak jauh dari rumah Wahyudin, Asep Rangga juga tak henti mengucap rasa syukur dan terima kasihnya, karena rumahnya kini lebih terang dengan hadirnya instalasi listrik milik sendiri, tak harus bergantung lagi ke tetangga.

“Terima kasih rumah saya sudah mendapat bantuan pemasangan listrik,” ujar pria berusia 37 tahun yang sehari-hari bekerja sebagai pengrajin batu bata ini.

Asep Rangga. (Foto: Kementerian ESDM)

Pemasangan instalasi listrik gratis bagi rumah Wahyudin dan Asep Rangga tersebut merupakan bagian dari program Kementerian ESDM, yang mengupayakan partisipasi Badan Usaha Sektor ESDM untuk membantu pasang baru listrik bagi rumah tangga miskin belum berlistrik di seluruh Indonesia dalam rangka meningkatkan angka rasio elektrifikasi nasional yang kini telah mencapai 98,8 persen.

Sebanyak 2.012 rumah tangga tidak mampu di Sumedang kini telah mendapatkan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) 450 VA dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Cikarang Listrindo. Perusahaan ini telah berkomitmen membantu 3.000 rumah tangga tidak mampu di Sumedang untuk dapat menikmati aliran listrik. Sisanya akan terpasang di akhir September 2019 ini.

Bantuan pasang baru listrik ini berupa instalasi listrik sederhana dengan 2 titik lampu dan 1 kotak-kontak, termasuk biaya penyambungan, biaya instalasi, biaya penerbitan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dan Voucher Perdana (Rp 10.000,-).

“Kehadiran kami ini dalam rangka mewujudkan energi yang berkeadilan. Artinya energi listrik bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk rumah tangga yang tidak mampu,” tutur Rida Mulyana.

Berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang telah dipadankan oleh PT PLN (Persero), per 3 Juli 2019 masih terdapat sekitar 700 ribu Rumah Tangga Miskin di seluruh Indonesia yang belum berlistrik.

Selain Badan Usaha sektor ESDM melalui CSR-nya, pegawai Kementerian ESDM juga menyalurkan bantuannya pada program ini melalui aksi KESDM Peduli. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.