Kamis, 9 Desember 21

Pemangkasan 1 Juta PNS Resiko Terlalu Besar

Pemangkasan 1 Juta PNS Resiko Terlalu Besar

Jakarta, Obsessionnews – Anggota Komisi II DPR RI Muchtar Luthfi A. Mutty menilai, ‎rencana pemerintah memangkas satu juta pegawai negeri sipil (PNS) terlalu beresiko besar sehingga memicu persoalan baru.

Meski pemerintah beralasan untuk penghematan anggaran dan mengutamakan kualitas PNS. Namun, menurutnya, pemangkasan akan menimbulkan pengangguran dan kemiskinan.

“Marilah menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah baru. Tidak bisa eksekutif sepihak, ini harus dibicarakan dengan legislatif,” kata Muchtar di Senayan, Jumat (3/6/2016).

Politisi Nasdem itu yakin, kebijakan itu akan memicu perdebatan yang sengit di tingkat legislatif. Sebab, angka satu juga dianggap terlalu besar untuk pengurangan.

Ia berpendapat, pemerintah harus mencari terobosan baru sebagai solusi apabila kebijakan itu diterapkan. Misalnya, dengan mempersiapkan pekerjaan baru, dan juga pemberian dana pensiun.

“Saya kira ini harus dilakukan secara hati-hati, melalui mekanisme pensiun misalnya. Dorong swasta untuk memunculkan inventasi sehingga dunia usaha bergairah untuk menyerap lapangan kerja,” jelasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.