Sabtu, 28 Mei 22

Pemakaman Ani Yudhoyono, Jokowi Awali Masukkan Tanah ke Liang Lahad Disusul SBY

Pemakaman Ani Yudhoyono, Jokowi Awali Masukkan Tanah ke Liang Lahad Disusul SBY
* Proses pemakaman Ani Yudhoyono di TMP Kalibata, Jaksel. (Foto: medsos)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai inspektur upacara pada pemakaman Ani Yudhoyono. Upacara digelar secara militer di TMP Kalibata, Minggu (2/6/2019. Peti jenazah Ani Yudhoyono diselimuti merah putih dan diletakkan di samping liang lahat.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Jokowi memakai peci dan jas hitam. Upacara dimulai sekitar pukul 14.39 WIB, dengan pembacaan riwayat hidup singkat Ani Yudhoyono. Jokowi kemudian membacakan apel persada Ani Yudhoyono.

“Semoga jalan dharma bakti yang ditempuhnya dapat jadi suri tauladan dan arwahnya dapat tempat semestinya di alam baka,” ucap Jokowi.

Jokowi mendoakan Ani Yudhoyono diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Tak lupa ia turut mengajak masyarakat melantunkan doa. Jokowi menilai Ani Yudhoyono akan tetap hidup di hati semua rakyat yang mencintainya.

“Dengan memohon rida Allah SWT, marilah kita lepas kepergian ibu hj Kristiani Herrawati Yudhoyono menghadap Alah SWT dengan tenang, dengan diiringi doa,” kata Jokowi.

“Flamboyan telah pergi, namun kita akan tetap hidup di hati kita semua, rakyat Indonesia yang mencintainya,” tambah Jokowi.

Upacara pemakaman Ani Yudhoyono diawali dengan memasukkan tanah ke liang lahad Ani Yudhoyono secara simbolis. SBY dan keluarga kemudian mengikuti setelahnya melakukan penimbunan liang lahad secara simbolis.

Usai prosesi tersebut, petugas makam kemudian langsung menimbun makam Ani Yudhoyono dengan tanah. Saat pusara Ani Yudhoyono telah tertimbun dengan tanah, Jokowi kemudian meletakkan bunga di dekat nisan Ani Yudhoyono.

SBY duduk bersama para pelayat. Begitu pula kedua putranya yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) serta dua menantu Ani Yudhoyono, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa.

Sejumlah tokoh yang hadir di antaranya BJ Habibie, Sinta Nuriyah, Megawati Soekarnoputri, Boediono, Tri Sutrisno, dan sejumlah menteri kabinet Jokowi. Ada pula Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

(Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.