Rabu, 29 September 21

Peluang Industri Berat Masih Menggiurkan

Peluang Industri Berat Masih Menggiurkan

Jakarta, Obsessionnews – Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) I Gusti Putu Suryawirawan dalam kunjungan kerja ke PT Jakarta International Machinery Centre (Jimac) Perkasa, di Jakarta, Rabu (17/6), mengatakan, peluang pasar industri alat berat masih cukup menggiurkan bagi investor baik dari dalam maupun luar negeri.

Menurut Putu, pemerintah bakal terus memberi dukungan dan fasilitas bagi investor yang mau menanamkan modalnya di Indonesia. Dengan masuknya investasi tersebut, nantinya tentu bakal berimbas pada perluasan lapangan kerja sekaligus mempercepat laju pertumbuhan industri serta mendongkrak kesejahteraan rakyat karena roda ekonomi ikut berputar.

Alasan didorongnya industri alat berat di dalam negeri, menurut Putu karena pemerintah juga akan terus menggalakkan program peningkatan penggunaan produk dalam negeri. Utamanya, pada proyek-proyek milik pemerintah serta BUMN.

“Berbagai fasilitas diberikan kepada industri yang telah memiliki nilai tingkat komponen dalam negeri,” kata Putu.

Guna mendorong industri alat berat sendiri, dibutuhkan modal sebanyak USD 200 juta. Sedangkan wilayah Batam, mulai dilirik Jimac Perkasa dengan target serapan tenaga kerja baru sebanyak 300 orang.

Setelah membangun pabrik pembuatan alat berat, Jimac memastikan bakal merambah pasar ASEAN. Nantinya, Indonesia akan menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang punya pabrik dengan pemodal dari Tiongkok. Porsi penjualan sendiri nantinya dibagi dua. 70% untuk kebutuhan domestik, 30% sisanya diekspor. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.