Jumat, 17 September 21

Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu Tak Ada Kadaluarsa

Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu Tak Ada Kadaluarsa

Jakarta, Obsessionnews – Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali menggelar pertemuan soal pembahasan penyelesaian kasus pelanggaran HAM masa lalu. Pertemuan tersebut, dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan Agung, Polri dan Komnas HAM.

Jaksa Agung HM Prasetyo mengungkapkan kasus pelanggaran HAM berat di masa lalu tidak akan pernah kadaluarsa. Karena, jika tidak diproses kasus tersebut, dikhawatirkan akan menjadi hutang sejarah di massa yang akan datang.

“Pelanggaran HAM berat ini tidak ada massa kedaluarsanya. Kalau kita tidak selesaikan bisa-bisa kita memberikan hutang sejarah masa lalu kepada penerus kita,” ujar Prasetyo di Kejagung, Jakarta Selatan, Kamis (21/5/2015).

Menurut dia, banyak hal yang dibicarakan bersama Menkopolhukam Tedjo Edhi Purdjijatno, Kapolri Jendral Badrodin Haiti, Komisioner Komnas HAM Nurcholis. Intinya membahas tentang penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat.

“Kami bertekad dan punya semangat yang sama antara Komnas ham dengan seluruh pihak terkait tentang masalah HAM masa lalu yang harus diakhiri,” kata Prasetyo.

Namun dia mengaku, ada sejumlah kesulitan yang dialami oleh pihaknya untuk mengungkap kasus pelanggaran HAM masa lalu. Diantaranya terkait pengumpulan barang bukti dan sejumlah saksi.

Meski begitu, ada sejumlah cara untuk menyelesaikan kasus pelanggaran HAM tersebut diantaranya dengan cara rekonsiliasi.
“Kita akan selesaikan dengan rekonsiliasi. Tentunya dengan semangat dan tekad yang sama, kita akan lakukan,” pungkas Prasetyo. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.