Sabtu, 29 Januari 22

Pelaku UKM Perlu Kerja Bersama Dengan Diaspora Indonesia

Pelaku UKM Perlu Kerja Bersama Dengan Diaspora Indonesia
* Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram.

Jakarta, Obsessionnews.com – Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengungkapkan, sudah saatnya produk-produk UKM berkualitas untuk memperluas pemasarannya hingga ke mancanegara (go global).

“Untuk itu, para pelaku UKM bisa kerja bersama Diaspora Indonesia, yang tentu sudah memiliki jaringan luas dan tahu kebutuhan negara tujuan ekspor,” kata Agus dalam General Session Congress of Indonesian Diaspora (CID) 4th Global Summits, di Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Agus mengatakan perlunya mendorong pelaku UKM untuk go global, antara lain dengan melalui pemasaran oleh Lembaga Layanan Pemasaran (LLP-KUMKM) maupun Smesco Indonesia yang merupakan etalase potret produk UKM Indonesia berkualitas tinggi. Di gedung Smesco, ada sekitar 58 ribu item produk dari 2.000 UKM  yang antara lain merupakan produk-produk UKM berkualitas dari 34  provinsi.

“Keduanya bisa bersinergi, karena Diaspora Indonesia dan LLP KUKM mempunya misi yang sama yaitu meningkatkan dan memperluas pemasaran produk UKM,” katanya.

Agus mengakui, forum ini sangat bagus. Diaspora Indonesia yang terdiri dari berbagai masyarakat yang tinggal di luar negeri, ada yang masih menjadi Warga Negara Indonesia dan ada yang sudah menjadi warga negara lain.

“Tetapi saya mengapresiasi karena para Diaspora ini masih tetap mencintai Indonesia. Dan ini suatu yang tidak ternilai harganya,” katanya.

Agus menambahkan, berbagai langkah yang dilakukan Kemenkop dan UKM untuk mendorong UKM go global antara lain memberikan standarisasi, sertifikasi, sertifikat halal, pelatihan lewat PLUT, dan pemasaran produk melalui LLP KUMKM. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.