Kamis, 21 Oktober 21

Pelaku Pariwisata Minta Buka Rute Penerbangan Padang-Singapura

Pelaku Pariwisata Minta Buka Rute Penerbangan Padang-Singapura
* Ian Hanafiah.

Padang, Obsessionnews– Industri pariwisata di Sumatera Barat (Sumbar) sangat menjanjikan karena didukung dengan pariwisata yang beragam. Keberagaman yang dimiliki, sehingga banyak pilihan bagi wisatawan.

Paralayang, surfing dan kuliner serta wisata bahari adalah sejumlah pilihan dari yang banyak diminati wisatawan. Lokasi paralayang yang menjadi tempat favorit terdapat di puncak Lawang, Matur, Kabupaten Agam dan Langkisau, Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Surfing yang banyak diburu wisatawan adalah peraian Mentawai dan sudah terkenal di mancanegara.

Adalah tidak lengkap, jika wisatawan yang datang berkunjung ke Sumbar, sebelum menikmati kuliner. Satu dari banyak pilihan makanan dan minuman, yang paling terkenal adalah rendang Padang.

Kuliner khas Miangkabau akan lebih nikmat sambil menikmati keindahan bahari. Selain berwisata bahari ke Mandeh, Danau Singkarak, Maninjau dan Danau Diatas Danau Dibawah, banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Dari pilihan itu, kunjungan wisatawan yang datang terus meningkat. Peningkatan itu mesti didukung dengan akses sehingga wisatawan yang datang lebih mudah dan cepat. Peluang itu harus dimanfaatkan pemerintah sebaik mungkin, salah satunya membuka penerbangan Padang-Singapura.

Ketua Asita Sumbar, Ian Hanafiah, mengatakan, apabila pemerintah membuka rute penerbangan Padang-Singapura, pariwisata Sumbar akan lebih maju.

“Rute penerbangan Padang-Singapura cukup bagus. Wisatawan yang surfing ke Mentawai tidak bisa langsung mendarat ke Padang. Mereka terlebih dahulu turun di Jakarta dan baru ke Padang. Ini kan memakan waktu,” kata Ia Hanafiah ketika memberikan sambutan dalam acara pembukaan Musyawah Daerah (Musda) V Asita di Padang, Kamis (10/3).

Menurut Ian Hanafiah keuntungan bagi Sumbar apabila wisatawan langsung mendarat di Padang, tanpa ke Jakarta terlebih dahulu sangat besar. Selain pariwisata maju, industri pariwisata juga akan semakin maju.

“Yang terjadi kan wisatawan dari berbagai negara transit di Singapura. Dari Singapura ke Jakarta dan seterusnya ke Padang. Alangkah baiknya, penerbangan Sngapura-Padang dibuka, sehingga mereka langsung menuju Padang,” ujar Ian.

Ia meminta pemerintah Provinsi Sumbar membicarakan hal itu dengan Menteri Perhubungan dalam rangka percepatan pengembangan pariwisata. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.