Minggu, 28 Februari 21

Pelaksanaan Vaksin Covid-19 Harus Sesuai Prosedur

Pelaksanaan Vaksin Covid-19 Harus Sesuai Prosedur
* Vaksin Covid-19. (Foto: Edwin B/obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua Tim Advokasi Pelaksanaan Vaksinasi sekaligus Juru Bicara dari PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Iris Rengganis mengimbau pelaksanaan vaksin Covid-19 harus sesuai prosedur.

“IDI Mengimbau agar pelaksanaan imunisasi dijalankan dengan hati-hati dan teliti sesuai dengan prosedur yang berlaku,” ungkap Iris dalam rapat kerja dengan DPR RI Komisi IX secara virtual, Selasa (19/1/2021).

Untuk itu, IDI mendukung sepenuhnya program vaksinasi Covid-19. “IDI sudah mengeluarkan seruan anggota untuk mengikuti imunisasi dan membantu program imunisasi dengan berbagai cara yang dapat dilaksanakan di semua daerah seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, para pelayanan kesehatan yang melaksanakan vaksinasi agar menyiapkan pertolongan ketika ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

“IDI mengimbau agar penerapan protokol kesehatan itu ditingkatkan, serta menyiapkan pertolongan jika terjadi kejadian ikutan pasca imunisasi atau KIPI,” ucapnya.

Menurut Iris harus ada kesepakatan antara Kemenkes mengenai biaya perawatan mereka yang mengalami kejadian KIPI.

“Mungkin ini juga perlu digarisbawahi karena banyak sekali masyarakat yang bertanya, bilamana terjadi KIPI yang berat siapa yang akan mengganti uang perawatan di rumah sakit?. Juga harus ada koordinasi antara departemen untuk mensukseskan imunisasi, ada Kemenkes dan departemen-departemen yang lain kalau bisa di koordinasi dalam satu kesatuan itu akan lebih baik,” ungkapnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.