Rabu, 25 Mei 22

Pekalongan Segera Miliki ‘Cold Storage’ Ikan

Pekalongan Segera Miliki ‘Cold Storage’ Ikan

Pekalongan, Obsessionnews – Pemerintah Kota Pekalongan dalam waktu dekat akan membangun ‘Cold Storage’ atau gudang penyimpanan ikan dengan kapasitas sebesar 30 ton.

Kasi Pengolahan Bidang Perikanan pada Dinas Pertanian Peternakan dan Kelautan (DPPK) Kota Pekalongan, Pratiwi Rahayu, menerangkan pembangunan cold storage ini adalah bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan sumber dana APBN sebanyak Rp1,7 miliar.

“Paket pembangunan cold storage ini bersumber dari dana tugas pembantuan Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan. Alhamdulillah, cold storage berkapasitas 30 ton akan dibangun di Kota Pekalongan,” jelasnya, Rabu (19/8/2015).

Hingga kini, paket pekerjaan pembangunan cold storage masih dalam proses lelang. Jika tidak ada halangan, pihaknya berharap sebelum tutup tahun sudah bisa diuji coba untuk pengoperasian. Rencananya pembangunan cold storage berada di Kelurahan Panjang Wetan, Pekalongan Utara.

“Lahannya sudah ada, ya di sekitar pasar ikan itu, di depan TPI,” tuturnya.

Dia membeberkan, anggaran sekitar Rp1,7 miliar dari APBN itu berupa satu paket proyek pembangunan konstruksi cold storage dengan kelengkapan alat-alat di dalamnya.

“Jadi, di situ nanti ada cold storage atau gudang beku, ada anterum atau ruang antara, lalu ada pula ‘Air Blast Freezer’. Dilengkapi pula ruang pengolahan, ruang kantor, serta ruang ganti atau ruang istirahat untuk karyawan,” imbuhnya.

Rahayu menambahkan  keberadaan cold storage sangat penting agar kualitas ikan hasil tangkapan tetap terjaga. Selain itu, dengan adanya cold storage juga bisa menjaga supaya tidak terjadi gejolak harga ikan.

“Harga ikan tetap terjaga. Sebab, misalkan pas tangkapan ikan nelayan sepi karena sedang tidak musim ikan, maka stok ikan yang ada di cold storage akan kita keluarkan untuk dipasarkan ke masyarakat,” jelas dia. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.