Minggu, 23 Januari 22

Pegawai KPK Uji Keabsahan Pansus Angket di MK

Jakarta, Obsessionnews.com – Sejumlah pegawai KPK akan menguji keabsahan Pansus Angket KPK ke Mahkamah Konstitusi (MK). Para pegawai merasa yakin bahwa Hak Angket tidak dapat digunakan untuk lembaga independen seperti KPK.

“Kami akan ke MK untuk menguji konstitusionalitas aturan yang menjadi dasar hukum Angket terhadap KPK,” kata Lakso Anindito, salah satu pegawai KPK, Kamis (13/7/2017).

Pegawai KPK mangajukan uji keabsahan itu berdasarkan hak masing-masing yang dijamin oleh UU. Apalagi dalam sejumlah putusan MK ditegaskan posisi KPK dan landasan konstitusional KPK bukan termasuk ruang lingkup pemerintah.

“Ini adalah ikhtiar kami setelah mendengar, mencermati dan menganalisis polemik hak angket oleh DPR,” tukas dia.

Para pegawai berharap sebagai lembaga pengawal konstitusi, MK memberikan keputusan yang adil dan proporsional agar dapat menghentikan kesemrawutan penggunaan kewenangan oleh lembaga-lembaga tertentu.

“Karena Indonesia adalah Negara Hukum, maka kewenangan yang digunakan, termasuk kewenangan DPR harus juga berdasarkan Hukum,” tambah Harun Al Rasyid, Pegawai KPK yang menjadi salah pemohon.

Dalam pandangan mereka, peristiwa angket DPR terhadap KPK ini tidak dapat dipisahkan dengan penanganan kasus KTP Elektronik yang sedang berjalan. Apalagi asal mula Hak Angket dibicarakan adalah ketika KPK menolak memutar rekeman pemeriksaan Miryam S. Haryani di DPR.

“Harapan kami majelis hakim MK bisa memutuskan dengan adil sehingga kerja pemberantasan korupsi dapat optimal, DPR bisa lebih fokus ke tugas yang lebih mashlahat bagi rakyat, para guru besar bisa kembali fokus mengajar, para mahasiswa terus belajar dan berjuang, rakyat senang dan negara sejahtera,” katanya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.