Kamis, 2 Mei 24

Pegadaian Bersama PKN STAN Kolaborasi Majukan Pendidikan dan Pendampingan Ekonomi di Indonesia

Pegadaian Bersama PKN STAN Kolaborasi Majukan Pendidikan dan Pendampingan Ekonomi di Indonesia
* PT Pegadaian dan Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai bentuk kolaborasi untuk memajukan pendidikan dan pendampingan ekonomi di Indonesia, yang digelar pada Sabtu, 29 Juni 2023. (Foto: Pegadaian)

Obsessionnews.com – PT Pegadaian dan Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai bentuk kolaborasi untuk memajukan pendidikan dan pendampingan ekonomi di Indonesia, yang digelar pada Sabtu, 29 Juni 2023.

Penandatanganan ini merupakan hasil dari kerja sama antara Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) dengan PKN STAN dan diumumkan pada momen puncak perayaan Dies Natalis ke-8 PKN STAN dengan tema besar ’Kolaborasi’.

Dalam kolaborasi ini, Pegadaian sebagai lembaga jasa keuangan milik negara berkomitmen penuh untuk berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Tanah Air melalui berbagai program kerja sama dengan PKN STAN. Beberapa program kerja sama yang akan dilakukan meliputi program pelatihan dan sertifikasi, perbantuan tenaga ahli dan narasumber, literasi pemasaran, serta pemanfaatan layanan produk dengan PKN STAN.

Baca juga: Dukung Program BUMN, Pegadaian Ajak Masyarakat Bersih-bersih Sungai Deli

Kerja sama ini merupakan lanjutan dari program yang telah berjalan sebelumnya, di mana PKN STAN yang berfokus pada ekonomi dan perpajakan telah melakukan pendampingan terkait usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), khususnya dalam kegiatan operasional dan pengelolaan permodalan bersama Pegadaian.

Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah mengungkapkan, Pegadaian membuka banyak kesempatan kerjasama untuk PKN STAN, mengingat Pegadaian memiliki sejarah sebagai bagian dari STAN. Ia menyatakan bahwa ke depannya akan ada banyak kesempatan kerjasama yang relevan dengan para mahasiswa, alumni, tenaga pendidik, dan tenaga ahli untuk mendukung tri dharma perguruan tinggi yang berkarakter dan berintegritas.

“Melalui kerja sama ini, artinya PKN STAN telah menyepakati untuk berkontribusi dalam tri dharma perguruan tinggi di bidang keuangan negara dan pemasaran serta memanfaatkan dan mempromosikan layanan produk dengan Pegadaian. Hal ini menjadi langkah awal yang bagus untuk mengenalkan instrumen investasi yang ada di Pegadaian seperti Tabungan Emas dan Logam Mulia,” jelas Eka dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/8/2023).

Sementara itu, Direktur PKN STAN Rahmadi Murwanto menjelaskan, dalam bidang sosial, PKN STAN saat ini telah melakukan pengabdian ke masyarakat melalui UMKM dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam bentuk berbagai pelatihan.

Baca juga: Pegadaian Borong Dua Penghargaan di Ajang CSR Outlook 2023

”Kerja sama antara PKN STAN, Pegadaian, dan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) diharapkan dapat memperkuat desa melalui BUMDes dan UMKM dengan memberikan pelatihan untuk menguasai penyusunan laporan keuangan yang terstruktur dan akuntabel,” ujarnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani yang hadir dalam kesempatan ini mengungkapkan, apresiasi atas semangat yang ditanamkan di dalam setiap kegiatan PKN STAN, baik dalam belajar mengajar maupun dalam berbagai tugas tridharma perguruan tinggi untuk terus menerus menghasilkan mahakarya. Ia berharap agar mahasiswa PKN STAN sebagai punggawa keuangan negara dapat terus berkompetisi secara sehat dan tetap bersemangat menciptakan mahakarya berikutnya.

“Indonesia adalah titipan bagi kita semuanya. Jagalah dengan baik. Siapkan diri Anda semaksimal mungkin. Jadilah manusia yang pada akhirnya kalian akan dikenang sebagai manusia yang insan kamil. Ultimate integrity, you are the most reliable, trustable person,” ucap Sri Mulyani.

Selain itu, Pegadaian juga berencana untuk membangun The Gade Creative Lounge di lokasi kampus sebagai wadah bagi mahasiswa untuk belajar, beraktivitas, dan mengembangkan diri. Melalui kerjasama ini, diharapkan PKN STAN dan PT Pegadaian dapat memberikan kontribusi nyata dalam memajukan pendidikan dan ekonomi di Indonesia. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.